Cara Jitu Cetak Sertifikat Jumlah Banyak

Selamat pagi sahabat infosalapan.com. Semoga kita senantiasa dalam keadaan sehat dan tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Kali ini infosalapan.com akan berbagi tips mencetak sertifikiat dalam jumlah yang banyak. Tips ini sangat bermanfaat bagi sahabat-sahabat yang ingin mencetak sertifikat dalam jumlah yang sangat-sangat banyak dan waktu yang terbatas. Trik ini dikenal dengan nama mail merge ya sahabat infosalapan.com. Mail Merge merupakan tools yang disediakan oleh Microsoft Office yang dapat memungkinkan penggunanya untuk mencetak, menghasilkan surat, label, nama dan sebagainya dalam waktu yang singkat. Mail Merge ini memiliki prinsip yang menggunakan informasi yang tersimpan dalam daftar database ataupun dikenal dengan spreadsheet. Akan tetapi, jika menggunakan Mail Merge tentu kita membutuhkan dokumen Microsoft Word  dan Microsoft Excel sebagai database

Sekarang mari ikuti langkah berikut ini. Disini Infosalapan.com sudah menyediakan Database di Microsoft Excel 2016. seperti pada gambar dibawah.


Selain itu, Infosalapan.com juga sudah menyediakan template sertifikat. kebetulan disini Infosalapan.com menggunakan Microsoft Office 2016 sebagai wadah dalam membuat sertifikatnya. Bentuk template sertifikatnya seperti gambar dibawah teks ini ya.


Langkah selanjutnya, Klik Mailings-Start Mail Merge-Letters, seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Jika sudah ikuti langkah berikutnya.


 Langkah berikutnya pilih Select Recipients-Use an Existing List.., Seperti pada gambar dibawah ini.


Jika langkah diatas dilakukan akan muncul seperti gambar dibawah ini yang bertujuan untuk mencari databasenya. Jika tidak persis seperti gambar dibawah coba cari Database targetnya ya. Jika sudah ditemukan klik Databasenya atau Klik Open seperti pada gambar.


Jika sudah di Klik atau Open akan muncul seperti tampilan pada gambar dibawah ini. dan Klik OK.


Jika sudah selesai tahapan diatas. dan masih di menu Mailings. Pilih Insert Merge Field. Jika diklik akan muncul nama-nama Field yang ada di database Excel yang sudah kita buat. seperti pada gambar dibawah ini.


Pilih salah satu field yang ada pada gambar diatas. Kebetulan disini Infosalapan ingin mencetak sertifikat jadi field yang dibutuhkan adalah "nama". Jadi Infosalapan memilih field "nama" dan menselect tulisan "Nama Penerima" di template Sertifikat. Ketika field "nama" dipilih tulisan "Nama Penerima" di template sertfikat berubah sperti pada gambar dibawah ini.


Jika langkah diatas sudah dilakukan dengan benar, lalu pilih "Finish & Merge-Edit Individual Documents. Seperti pada gambar dibawah ini.


Jika Langkah diatas berhasil akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut ini. Silahkan pilih merge record nya. Apakah ALLCurrent RecordFrom . . . , . . . lalu Klik OK. Seperti pada gambar dibawah ini ya.


Jika sudah menentukan pilihan akan terlihat seperti pada tampilan gambar dibawah in. Nama Penerima Sertifikat sudah tertera dan tinggal dicetak.


Untuk mencetak silahkan klik CTRL + P dan akan muncul seperti tampilan pada gambar dibawah ini. Silahkan pilih printer yang aktif. Terus cetak.


Selesai. Silahkan dicoba ya dan semoga berhasil. Jika ingin melihat versi video bisa klik link dibawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...