Cara Konversi File PDF Online


Konversi merupakan sebuah tindakan perubahan yang dilakukan terhadap sebuah file, format, benda dan sebagainya ke bentuk lain. Menurut KBBI konversi merupakan suatu perubahan dari satu bentuk baik rupa dan sebagainya ke bentuk lain. Dalam kesempatan ini infosalapan akan melakukan konversi file dengan format PDF ke Word dan sebagainya dengan menggunakan konversi secara online. File dengan format PDF (Portabel Document Format) merupakan sebuah format berkas yang dibuat oleh ADOBE Systems pada tahun 1993. Tujuan pembuatan format tersebut untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Pada masa itu, format PDF digunakan sebagai wadah mempresentasikan dokumen 2D yang di dalam nya terdapat teks, huruf, citra, dan grafik vector. PDF sudah masuk dalam standar ISO yang didapatkan pada tahun 2008 tanggal 1 Juli (Wikipidia.com).
Ketika kita bekerja disebuah perusahaan tentu sering kita jumpai file dengan format PDF. Begitu juga kita sebagai mahasiswa tentu file dengan format PDF tidak asing lagi kita lihat. Misalnya untuk mencari literature pendukung matakuliah. File yang kita dapatkan sering berformat PDF, terutama artikel ilmiah. Atau kita dimintai oleh seorang atasan, dosen, teman mengkonver file dengan format PDF ke format Word dan sebagainya tentu kita membutuhkan aplikasi tambahan dilaptop agar kita bisa mengkonversikan file tersebut. Tapi, jika aplikasi tersebut tidak ada di laptop atau komputer kita bagaimana, tentu kita kewalahan dan tentu nya malu masa hanya dimintai mengkonversi tidak bisa dilakukan. Jangan takut berikut infosalapan bagikan tips maupun cara cepatnya dengan memanfaatkan tool konversi secara online. Ikuti langkah berikut.
Pastikan sudah terkoneksi dengan jaringan Wifi, LAN, atau Paket Data. Jika sudah buka browser dan ketikkan “konver pdf online” seperti pada gambar dibawah ini.

Jika sudah seperti tampilan diatas silahkan pilih salah satu situs penyedia konversi file PDF ke Word dan sebagainya. Pada gambar diatas ada situs freepdfconvert.com, smallpdf.com, pdf2doc.com, pdf2go.com, dan sebagainya silahkan pilih sesuai selera. Disini infosalapan memilih smallpdf.com. seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah silahkan klik “Pilih file” yang terdapat dalam lingkaran hitam pada gambar diatas. Jika sudah dipilih akan terbuka seperti gambar dibawah ini.

Pada gambar diatas terlihat bahwa menu explore yang ada di laptop atau computer kita terbuka silahkan cari file PDF dan kllik OPEN. Hasilnya terlihat seperti berikut ini.

Pada gambar diatas sudah terlihat file pdf yang akan dikonver. Dan disebelah kana nada tiga target format file yang bisa kita pilih. Jika ingin konver ke format Word pilih “ke Word” yang berwarna biru. Jika sudah dipilih seperti berikut hasilnya.

Pada gambar diatas ada beberapa perintah yang harus dilakukan. Jangan lupa pilih “Konversi ke Word” lalu pilih “Pilih Opsi” dan tunggu beberapa saat proses konversi berjalan seperti pada gambar dibawah ini.

Pada gambar diatas proses konversi file PDF ke WORD sedang berjalan. Harap tunggu dan perhatikan kestabilan koneksi internet agar prosesnya berjalan lancer dan cepat. Jika sudah selesai akan muncul seperti gambar dibawah ini.
Pada gambar diatas ada pesan yang berbunyi “Bagus! Kita berhasil mengonversi file Anda ke Word! Selamat menikmatinya”. Jika ingin melihat versi Word nya klik menu “UNDUH” yang ada pada gambar diatas. Seperti gambar dibawah ini hasilnya.
Sekian dari Infosalapan semoga bermanfaat dan silahkan dipraktekkan.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Konversi File PDF Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...