Contoh Production Book Produksi Program Televisi


Cover



LATAR BELAKANG



Antara Identitas dan Sosialitas merupakan program televisi feature yang mengusung konsep perjalanan, mengunjungi situs bersejarah, mengunjungi para budayawan, tokoh masyarakat, intelektual dan sebagainya yang terkait dengan jadi diri suatu budaya sosial yang sudah mulai hilang di telan oleh masa dan waktu. Budayawan, tokoh masyarakat, intelektual dalam program “ Atara Identitas dan Sosialitas” akan dijadikan sebagai narasumber utama. Peran narasumber tersebut bertujuan untuk menghasilkan sebuah karya yang berbentuk program acara dalam waktu yang relative singkat dan mengungkapkan kenapa, mengapa serta sebab akibat dari hilangnya jadi diri suatu buday sosial.

Dalam program ini akan berfokus pada para narasumber yang dianggap mumpuni untuk menjelaskan tentang jati diri suatu budaya sosial yang ada di dalam suatu masyarakat. Sebagai seorang yang mumpuni tentu memiliki wawasan tentang sosial budaya daerah yang sudah mulai terkikis secara perlahan-lahan. Dengan adanya penjabaran yang didapat dari para narasumber serta kunjungan diberbagai situs bersejarah akan terungkap hubung bentuk Identitas maupun nilai-nilai sosial yang terkandung di dalam suatu budaya sosial yang ada di sebuah masyarakat.

Terkadang, di era serba modern ini kita sangat sulit membedakan dimana identitas dan sosialitas yang sebenarnya yang kita miliki. Untuk itu perlu adanya sebuah program televisi yang mampu mengangkat kembali nilai-nilai sosial budaya di arus perkembang teknologi informasi saat ini.


TUJUAN


v Untuk mengenalkan serta mengukapkan kembali identitas dan sosialitas yang ada di suatu budaya.

v  Untuk memberikan inspirasi serta masukan terhadap para generasi agar lebih peduli terhadap identitas sosial yang dimiliki.

JUDUL PROGRAM

Judul Program acara ini adalah “ Antara Identitas dan Sosialitas”. Identitas menurut Stella Ting Toomey merupakan bentuk dari refleksi diri atau cerminan diri seseorang yang dapat berasal dari keluarga, kelompok, gender, budaya, sistem sosial, etnis dan proses sosialisasi. Identitas pada dasarnya dapat merujuk pada suatu refleksi dari diri kita sendiri maupun dari bentuk persepsi orang lain terhadap diri kita sebagai individu. Sementara itu, Gardiner W. Harry dan Kosmitzki Corinne melihat identitas sebagai bentuk proses pendefinisian diri seseorang sebagai cerminan seorang individu yang berbeda dalam berperilaku, berkeyakinan dan mengambil sikap (Larry. Dkk :2009). Adapun yang dikatakan dengan sosialitas berasal atau berkata dasar "sosial" yang artinya menghargai sesama manusia, saling membantu satu sama lain, dan bermasyarakat. Sedangkan sosialitas adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dengan cara membantu orang lain yang bisa berupa materi, tenaga, pikiran, dan doa.

IDENTITAS PROGRAM

v  Format Program      :  Feature
v  Judul Program         :  Antara Identitas dan Sosialitas
v  Durasi                      : 25 Menit (Exclude 5 Iklan 5 Menit)
v  Lokasi                      :  Medan, Indonesia

TARGET AUDIENCE

v  Gender                     :  Laki-laki dan Perempuan
v  Umur                        :  15 tahun keatas (Remaja-Dewasa)
v  Pekerjaan                 :  Siswa, Mahasiswa dan Umum

JAM TAYANG

Program acara “Antara Identitas dan Sosialitas” akan ditayangkan setiap hari minggu pukul 15.00  waktu Indonesia bagian barat. Alsan pemilihan hari minggu karena merupakan hari libur. Sedangkan pemilihan jam tayang jam 15.00 karena menurut kebiasaan para penonton akan mencari sebuah tontonan yang mampu memberikan sebuah informasi yang bermanfaat.

SCRIPT BREAKDOWN


KERABAT KERJA TIM PRODUKSI

Ketua Dewan Direksi                        :  Arya Sutan Kumala
Penangung Jawab Program             :  Kemuning Mandala
Program Supervisor                          :  Arkan Sholeh
Produser                                            :  Haikal Fikri
Creative                                             :  Faeyza Muhammad
Kameramen                                       :  Fayed Alfatah
                                                              Fajar Maulana Ahmad
Soudman                                           :  Salapan Ho
Floor Director                                     : Fatih Kenan
Artistik                                                :  Cameliatul Husna
Penyunting Gambar                           :  Husnil Mubarok
                                                              Anjelia Putri
Penata Musik                                      :  Salapan Ho
Perancang Grafis                                :  Husnil Mubarok
                                                                Anjelia Putri


JADWAL PRODUKSI


Sumber : 1. Larry A. Samovar, Richard E. Porter, Edwin R. McDaniel (2009). Communication Between Cultures . Cengage Learning. hlm. 154-161. ISBN   0495567442.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Production Book Produksi Program Televisi"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...