Generasi Perkembangan Komputer


Komputer merupakan sebuah perangkat ataupun alat yang digunakan untuk pengolahan data yang disesuaikan dengan fungsi dan proses prosedurnya. Pada awalnya komputer merupakan sebutan untuk menggambarkan orang-orang yang bekerja dalam proses menghitung aritmatika. Dengan perkembangan masa ke masa kata tersebut menjadi sebutan untuk mesin ataupun alat yang disebut dengan komputer pada saat sekarang ini. Kehadiran perangkat yang bernama komputer ditengah-tengah masyarakat sangat membawa dampak yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dalam membantu berbagai jenis pekerjaan yang dapat diolah melalui mesin yang bernama komputer tersebut. Komputer masa demi masa semakin mengalami perkembangan mulai dari komputer yang berukuran besar dan tidak bisa dibawa kemana-mana hingga ke perkembangan komputer yang terlihat lebih dinamis dan bisa dibawa kemana-mana oleh si pemilik tanpa ada batasan waktu. Setiap generasi perkembangan komputer tentu menawarkan berbagai fitur yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Bahkan pada masa sekarang ini untuk memiliki seperangkat komputer bisa di dapat dengan biaya yang terjangkau. Bahkan sekarang ini, komputer banyak terdapat di rumah-rumah khususnya yang sedang duduk dibangku Pendidikan. Bukan hanya itu, komputer juga banyak dimanfaatkan oleh berbagai instansi baik sekte pemerintahan maupun swasta. Orang-orang memanfaatkan computer tentunya untuk membantu memudahkan pekerjaan yang sedang digeluti seperti desain grafis, editing video, foto, bidang perkantoran, warung internet, bermain game, dan sebagainya.
Komputer pertama kali diciptakan dikenal dengan nama Tabung Vakum pada tahun 1946-1959 yang dikenal dengan Komputer Generasi Pertama. Komputer tersebut dinamai dengan tabung vakum dikarenakan komponen utama dalam pembuatannya menggunakan material tabung vakum. Material tersebut mampu menghantar panas dengan sangat cepat. Komputer jenis ini menurut sejarah sangat membutuhkan daya listrik yang sangat besar agar bisa dioperasikan. Selain itu, computer jenis ini juga memiliki berat hinga 30 ton bahkan menggunakan material tabung vakum sampai 18 ribu. Untuk ukuran bisa smapai 1800 kaki persegi setiap diproduksi. Komputer generasi ini dikenal dengan sebutan Elektronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) yang diciptakan oleh orang-orang yang pakar dibidangnya yang Bernama Mauchly dan Echert. Pada tahun 1959-1965 komputer mengalami perkembangan dan dikenal dengan komputer Generasi Kedua. Komputer Generasi Kedua ini dikenal dengan nama Transistor. Dengan Namanya Transistor yang menunjukkan bahan pembuatannya berdasarkan teknologi transistor. Teknologi ini berukuran lebih kecil dari teknologi yang dipakai oleh komputer generasi pertama. Teknologi transistor tidak menghasilkan panas yang lebih besar dari teknologi sebelumya. Selain itu, pada generasi kedua ini Bahasa mesin yang digunakan menggunaka Bahasa Assembly. Bahasa assembly juga dikenal dengan Bahasa simbolik. Tujuan penggunaan Bahasa tersebut agar dapat memudahkan para pengguna dalam memberikan intruksi melalui kata-kata.
Setelah perkembangan generasi kedua berlalu, saatnya computer masuk ke perkembangan komputer ke Generasi Ketiga. Generasi Ketiga dikenal dengan nama Sirkuit Terintegrasi. Sirkuit Integrasi diawali pada tahun 1965-1971. Lain dari pada yang lain, generasi ketiga ini menggunakan teknologi lebih canggih dari pendahulunya yang bernama Teknologi Circuit (ICS). Walaupun demikian, komputer generasi ini tetap masih memakai teknologi yang dipakai pada generasi kedua yang berfungsi untuk mendukung proses kinerja komputer pada generasi ketiga. Transistor yang digunakan di desain lebih kecil dari sebelumnya dan diletakkan pada IC. Dalam sebuh IC bisa terdiri dari beberapa jenis transistor, resistor, dan kapasitor, yang semuanya berfungsi untuk mendukung kinerja komputer generasi ketiga tersebut. Komputer pada generasi ini berukuran lebih kecil dan sudah menggunakan keyboard, monitor, dan system operasi yang berfungsi untuk mendukung proses kerja yang dilakukan oleh pengguna. Selanjutnya, komputer mengalami perkembangan ke tahap Generasi Keempat pada tahun 1971 sampai sekarang. Komputer Generasi Keempat dikenal dengan nama Microprosesor. Microprosesor menggabungkan beberapa kompunen sehingga menjadi sebuah chip yang berukuran sangat kecil. Dalam chip tersebut terdapat ribuan transistor dan berbagai elemen sirkuit yang dihubungkan menjadi satu. Komputer generasi keempat ini pertama kali dicetus oleh perusahaan yang bernama Intel. Perusahaan ini menciptakan chip pertama kali dengan nama chip Intel 4004. Chip tersebut awal mula cikal bakal dari komponen inti dari perangkat komputer pada saat ini. Akan tetapi, perusahaan yang pertama kali menciptakan komputer adalah IBM. Komputer tersebut dibuat dan dirancang khusus untuk pengguna rumahan. Setelah itu perusahaan Apple juga ikut serta mengeluarkan produk komputer dengan nama Macinthos tahun 1984.
Sampai saat ini, perkembangan teknologi komputer berkembang dengan sangat pesat. Hal demikian, ditandai banyaknya berbagai jenis merek komputer di era teknologi informasi saat ini. Pada saat sekarang ini computer hadir dengan fitur-fitur desain yang sangat menarik dilengkapi dengan perangkat yang dapat membantu pekerjaan seperti mouse, keyboard, CD Room, dan sebagainya. Selain itu, Komputer pada saat ini juga sudah menerapkan Graphical User Interface (GUI) serta berbagai perkembangan lainnya. Dengan adanya perkembangan ini membuktikan bahwa inovasi dibidang komputer semakin efisien. Bahkan komputer dengan ukuran yang sangat besar berkembang menjadi kecil dari masa ke masa sampai menjadi komputer yang portable yang bisa dibawa kemana dan dimasukkan dalam tas yang dikenal dengan laptop dan bisa didapat dengan harga yang terjangkau.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Generasi Perkembangan Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...