Kajian Seni I

Seni suatu kata yang tidak asing lagi kita dengar pada saat ini. Seni dapat dipahami sebagai sebuah keahlian yang dimiliki oleh seseorang dalam membuat, menciptakan sebuah karya yang memiliki mutu yang dapat dilihat dari segi keindahan, fungsi, bentuk serta memiliki makna. Menurut Ki Hajar Dewantara bahwa Seni itu merupakan sebuah hasil keindahan yang dapat menggerakkan perasaan akan keindahan seseorang dalam melihatnya. Oleh karena itu, sikap dan perbuatan manusia yang mampu mempengaruhi yang dapat menimbulkan perasaan akan keindahan itu seni. Di era perkembangan teknologi informasi saat ini, seni  sangat banyak ragam dan jenisnya. Seperti seni visual, audio, pertunjukan, lukis dan sebagainya. Karya seni tersebut diciptakan, dibuat, tentu sebagai bentuk pengungkapan imajinasi maupun gagasan dari seorang seniman agar sebuah karya seni yang sudah dibuat dapat di apreasiasi.
Jadi, bagaimana pandangan kita sebagai mahasiswa, orang awam, penikmat dan sebagainya tentang seni itu sendiri. tentu kita akan memunculkan berbagai persepsi tentang seni. kita akan mengungkapkan berbagai bentuk ungkapan untuk menjelaskan kata SENI itu sendiri. kita akan menjabarkan berdasarkan keilmuan dan pengetahuan kita akan seni. ketika persepsi sudah kita miliki kemungkinan besar kita akan berusaha dan mampu untuk mengapreasiasi hasil karya cipta seseorang apalagi karya cipta tersebut berbasis SENI.
Pengakajian seni merupakan sebuah proses yang dilakukan dalam mengamati sebuah karya seni baik karya seni pertunjukan, lukis, audio visual. Proses mengamati tersebut bertujuan untuk mengungkapkan makna yang ada di dalam karya seni tersebut. Ketika makna tersebut berhasil diungkapkan tentu menjadi sebuah informasi yang menarik dan berguna untuk orang lain. Sehingga dengan demikian, seorang pengkaji seni harus memiliki kemampuan dalam menganalisa sebuah karya seni agar segala informasi yang tersimpan, terkandung di dalam nya.      
Dalam proses kajian seni tentu memiliki sebuah bentuk, fungsi, jenis, pengaruh. Dengan adanya sebuah bentuk dalam sebuah karya seni tentu bentuk tersebut memiliki fungsi tertentu yang ingin diungkapkan oleh seorang seniman. selain itu, seni juga memiliki jenis yang bisa dikelompokkan berdasarkan bentuk, fungsi tersendiri. sehingga dengan demikian sebuah karya seni pasti memiliki sebuah pengaruh dalam kehidupan seseorang maupun para penikmatnya. Oleh karena itu. mari kita tanyakan pada diri kita sendiri pentingkan seni itu dalam kehidupan kita... ? pentingkah seni itu dikaji.... ? coba kita tanyakan pada diri kita sendiri terlebih dahulu.
Proses kajian seni tentu harus diawali dengan proses penalaahan, proses penyelidikan, proses analisis, proses dan tingkatan pemahaman secara langsung terhadap karya seni itu sendiri. Akan tetapi, dalam proses tersebut kita sebagai pengkaji seni harus jeli melihat dalam segala aspek yang berkaitan dengan karya seni yang akan menjadi objek kajian kita.  
Terkadang kita harus bertanya-tanya pada diri kita. perlukah pengetahuan maupun keterampilan dalam mengkaji sebuah seni. Jika saya berpendapat tentu hal demikian sangat diperlukan. Jika keterampilandan pengeahuan yang berkaitan dengan seni tidak kita miliki bagaimana kita bisa mengapreasikan sebuah karya seni, bagaimana kita bisa mengungkapkan makna yang ada terkandung di dalam karya seni tersebut.
Nah ini dia, kalau salah tolong koreksi ya.... menurut saya pribadi pisau bedah yang harus kita miliki sebagai modal awal dalam mengkaji sebuah karya seni, pertama kita harus bisa memahami ranah seni tersebut berada dimana. Selain itu, kita gunakan teori-teori yang relevan yang berkaitan dengan objek kajian seni yang sedang kita lakukan.

Sekian dan Terima Kasih


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...