Kajian Seni-Sebuah Karakteristik


Kata Seni berasal dari Bahasa Sansakerta yang berbunyi Sani yang memiliki arti “pemujaan”, dan “pelayanan”. Seni dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai sebuah keahlian dalam membuat sebuah karya yang memiliki mutu yang dapat dilihat dari segi kehalusan serta keindahan dari karya tersebut. Selain itu, dalam Kamus Besar Indonesia juga disebutkan bahwa Seni merupakan hasil karya yang diciptakan dengan memiliki keahlian yang luar biasa, seperti karya seni tari, lukisan dan sebagainya. Sebuah karya seni tentunya memiliki suatu karakteristik atau ciri-ciri tertentu. Karakteristik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti sesuatu yang mempunyai sifat, khas, perwatan tertentu. Sebuah karya seni ciptaan manusia disebut bernilai seni jika karya tersebut memang mempunyai karakteristik sebuah karya seni. Karakteristik sebuah karya seni tersebut bersifat universal sehingga bisa dipahami dan dirasakan oleh siapa saja (Rondhi, 2017: 10).
Karya Seseorang, Manusia, atau Kelompok.

Kita misalkan saja sebuah lukisan. Sebelum menjadi sebuah lukisan yang indah tentu ada sosok seorang pelukis yang handal dibalik lukisan tersebut. Seorang pelukis berimajinasi dan bermain dengan kode-kode warna agar mampu menciptakan sebuah lukisan yang indah agar bisa di nikmati oleh orang-orang yang mencintai karya seni lukis. Selanjutnya, kita misalkan sebuah film atau program televisi. Sebelum menjadi sebuah film ataupun program televisi tentu ada banyak sosok orang-orang yang handal serta mumpuni yang berada dibalik kesuksesan penciptaan film maupun program televisi tersebut. Mereka yang disebut dengan crew dalam proses produksi saling bekerja sama walaupun ada kala nya berbeda dalam berpendapat tapi karena sebuah tujuan perbedaan dibelakangkan agar sebuah karya seni bisa mereka ciptakan. Dengan demikian, dapat kita pahami bahwa setiap karya seni yang ada disekeliling kita tentu merupakan hasil jerih payah atau diciptakan oleh seseorang, kelompok yang memiliki keahlian di dalam bidang tersebut.


Mengandung Suatu Makna
Ketika sebuah karya seni diciptakan oleh seseorang ataupun kelompok tentu didalamnya mengandung suatu makna yang ingin disampaikan oleh penciptanya. Misalnya sebuah film yang diangkat dari unsur kebudayaan sosial masyarakat tentu banyak kode-kode budaya yang yang terlihat dari film tersebut. Makna dari kode-kode tersebut disampaikan melalui penuturan audio visual oleh seorang sutradara beserta crew nya agar kode-kode tersebut dapat dipahami dan diambil sebuah kesimpulan. Ketika kita jeli melihat sebuah karya seni tentu di dalam nya sangat banyak tersimpan suatu makna yang perlu diungkapkan agar bisa menjadi sebuah informasi yang menarik. Ketika seorang seniman berkarya tentu banyak faktor yang melandasinya seperti pengalaman bathin dan sebagainya, sehingga mereka mampu melahirkan karya cipta seni yang  memiliki kualitas dan memiliki berbagai bentuk makna di dalamnya.

Adanya Unsur Estetika
Unsur estetika dalam sebuah karya seni dikenal dengan istilah keindahan. Keindahan juga sering diartikan sebagai proses pengalaman estetis yang diperoleh oleh seseorang, individu, maupun kelompok terhadap sebuah karya seni. Dalam sebuah karya seni tentu terdapat berbagai unsur yang dipadukan agar terlihat indah ketika dinikmati. Unsur tersebut dapat berupa paduan warna, Teknik pengambilan gambar, dimensi, kesatuan, keseimbangan, kontras, dan sebagainya.

Mampu Menimbulkan Rasa Bagi Penikmat.
Sebuah karya seni yang diciptakan oleh seseorang maupun kelompok yang bergelut dibidangnya, tentu hasil karya ciptanya mampu memikat orang-orang yang mencintai dan menyukai produk berbasis seni. Sebuah karya seni diciptakan tentu bertujuan untuk menarik simpatisan dari orang-orang agar mengapresiasikan karya seni yang sudah diciptakan. Misalnya, ketika sebuah film selesai diputar dan ditonton oleh para penikmat film tentu berbagai opini sering kita dengarkan. Opini-opini tersebut tentu berkaitan dengan film yang sudah mereka saksikan. Ada yang merasa tentram, puas, senang dan sebagainya. Sehingga dengan demikian berbagai bentuk opini akan sering kita dengar dari orang-orang yang sudah menyaksikan, menikmati karya seni tersebut. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kajian Seni-Sebuah Karakteristik"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...