Mengecilkan, Kompres Ukuran Foto, Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

Assalamu’alaikum, selamat siang menjelang sore semua. Dalam kesempatan ini infosalapan.com akan berbagi tips untuk mengecilkan size foto, gambar dari size 10 MB menjadi 300 KB bahkan bisa dibawah nya. Kenapa kita perlu mengurangi ukuran size gambar maupun pas foto kita…. ? jawabanya tentu berdasarkan keperluan. Apalagi kita yang seharian bergerak dalam bidang teknologi informasi pasti kewalahan donk jika kita upload foto batas maksimalnya hanya 1 MB-5 MB. Bahkan ada kalanya kita diminta dan harus upload foto maupun gambar dengan ukuran size 300, 200, 100 KB dan sebagainya. Misalnya saja kita mau melamar pekerjaan pasti sering diminta upload foto batas ukuran jangan lebih dari 1 MB. Atau sekarang lagi masa-masa ngelamar CPNS pasti butuh pas foto tentunya. Dan ukuran size yang diminta tentu dibawah 1 MB.
Infosalapan.com tidak perlu panjang lebar lagi dan sekarang kita masuk proses eksekusinya. Disini infosalapan.com memiliki dua cara. Cara pertama dengan cara online dan secara kedua menggunakan software FILEminimizer Suite 8.0. Sekarang kita praktekkan cara pertama dengan cara online. Pertama kita pastikan kita terkoneksi di jaringan internet. Jika sudah kita buka link berikut (https://pixlr.com/). Gambar dibawah ini bentuk tampilan websitenya.

Jika sudah terbuka kita pilih menu  TRY PIXLR yang ditunjuki tanda icon jari tangan pada gambar diatas. Jika sudah dipilih akan terbuka seperti tampilan berikut ini.

Selanjutnya kilik menu OPEN IMAGE seperti yang ditunjuk icon tangan pada gambar diatas. Ketika langkah tersebut dilakukan akan muncul tampilan seperti berikut.

Jika sudah terbuka seperti tampilan diatas silahkan pilih gambar yang kita kecilkan ukuran size nya. Jika sudah langsung klik atau klik OPEN. Jika sudah klik OPEN akan muncul seperti tampilan dibawah ini.

Pada gambar diatas posisi gambar di FULL HD lalu klik OK. Jika sudah akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Pilih OK pada gambar diatas dan akan berlanjut seperti pada gambar dibawah ini.

Pada gambar diatas dalam posisi File Type: JPG-PNG, Quality-LOW-MED: HIGH. Jika sudah klik DONWLOAD. Dibawah ini hasilnya size nya ketika sudah di perkecil melalui (https://pixlr.com/).

Cara kedua menggunakan Software FILEminimizer Suite 8.0. Berikut bentuk tampilan aplikasinya jika sudah di install di Komputer maupun Laptop.

Double klik aplikasi tersebut dan akan muncul seperti tampilan dibawah ini.

Jika sudah terbuka seperti tampilan diatas klik menu OPEN FILES seperti yang ditunjuki tanda panah kursor pada gambar diatas. Jika proses berjalan lancar berikut tampilannya.

Silahkan pilih gambar yang ingin dikecilkan ukuran size nya. Lalu klik OPEN seperti ditunjukkan tanda kursos panah diatas. Jika tahapan gambar sudah dipilih akan muncul seperti tampilan dibawah ini.

Silahkan pilih lokasi penyimpanan dengan mengklik menu browse seperti pada gambar diatas yang ditunjukan tanda kursor panah pada gambar diatas. Jika sudah lanjut langkah pada gambar dibawah ini.


Silahkan klik menu OPTIMIZE FILES. Yang dilingkari merah yang ada tanda icon kursor nya pada gambar diatas. Jika berhasil akan terlihat prosesnya seperti pada gambar dibawah ini.


Jika proses diatas berhasil akan muncul seperti tampilan berikut ini


Oke selesai.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Mengecilkan, Kompres Ukuran Foto, Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas"

  1. mantap pak
    ditunggu kunbalnya
    www.allandro.id

    ReplyDelete
  2. Terima kasih info nya sangat menarik

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...