Pengantar Marketing dan Distribusi Film


Marketing
  Ø Rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memasarkan produk, baik barang ataupun jasa.
  Ø  Aktivitas yang saling terkait dimana tujuannya untuk mengetahui kebutuhan konsumen atau pasar.
  Ø  Penghubung antara produsen dengan konsumen pada suatu pasar.
Fungsi Marketing
         Fungsi Pertukaran
         Fungsi Distribusi Fisik
         Fungsi Perantara
Konsep Marketing

 Distributor Film
           Distributor film adalah perusahaan atau perorangan yang bertanggung jawab untuk pemasaran, termasuk hal-hal seperti iklan dan rilis film. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dari film ini. Pekerjaan distributor adalah untuk mengekspos publik ke film dan karenanya meningkatkan peluang film menjadi sukses. Distributor dapat menetapkan tanggal rilis untuk film dan memutuskan bagaimana film akan dapat diakses oleh penonton. Mereka akan melakukan kampanye untuk membuat film sebaik mungkin diketahui publik. Ini akan termasuk iklan; mereka dapat memilih untuk beriklan di area tertentu untuk menargetkan audiens target tertentu atau mereka dapat memilih untuk beriklan sehingga berbagai audiens target memperhatikan. Mereka juga akan memutuskan dalam perangkat media apa mereka akan beriklan misalnya, majalah, TV dll.
            Rencana pemasaran dirancang oleh perusahaan yang menggambarkan rencana untuk mencapai tujuan pemasaran spesifik mereka dalam waktu tertentu. Rencananya biasanya akan dimulai dengan identifikasi apa yang diinginkan konsumen, ini dapat diidentifikasi melalui riset pasar. Rencana tersebut juga akan mencakup analisis situasi pasar saat ini. Tujuan pemasaran adalah untuk menciptakan visibilitas, meningkatkan kesadaran dan melibatkan minat pada produk. Ada banyak cara untuk memasarkan film seperti penggunaan poster, trailer, aplikasi online dan seluler sehingga film dapat diakses semaksimal mungkin. Film ini mungkin juga memiliki kritikus menonton film sehingga mereka berbagi pendapat dan mudah-mudahan ini akan mempengaruhi publik untuk menonton film jika mereka memberikan umpan balik yang baik. Mereka juga dapat menggunakan situs jejaring sosial untuk memasarkan produk mereka karena ada sejumlah besar pemirsa yang menggunakan Twitter, Facebook, dll.
           Publisitas adalah metode yang dapat digunakan untuk menarik perhatian publik terhadap produk. Contohnya adalah pemutaran perdana, wawancara dan aktor yang muncul di acara TV. Seorang aktor dapat menghadiri acara TV untuk mempromosikan film terbaru mereka kepada publik. Promosi adalah cara untuk meningkatkan kesadaran akan produk / film, misalnya, menjual barang dagangan dengan judul film atau aktor di dalamnya. Majalah / surat kabar dapat menyertakan kaus atau mug gratis dengan film di dalamnya untuk mempromosikan film.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...