Karakter Diri Kunci Menjadi SDM Unggul dan Produktif


Anak-anak muda zaman now yang dikenal dengan sebutan generasi Millennial tentu harus mempersiapkan diri agar mampu bersaing di Era Revolusi Industri 4.0. Oleh karena itu, banyak hal yang harus dipersiapkan agar generasi Millennial mampu menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul, memiliki daya saing, produktif, dan siap menghadapi berbagai jenis tantangan global. Jika generasi Millennial tidak mempersiapkan diri tentu akan kesulitan dalam menghadapi tantangan global yang bersifat dinamis serta penuh dengan resiko yang tak terduga sebelumnya. Ketika generasi Millennial sudah memiliki bekal untuk menghadapi revolusi industri 4.0 yang terjadi pada saat sekarang ini, tentu generasi Millennial akan menjadi generasi yang memiliki daya saing yang tinggi dan mampu menjadi generasi yang produktif diberbagai sektor.

Jika berbicara tentang generasi Millennial tentu sangat diindentik dengan teknologi. Hal tersebut disebabkan karena generasi Millennial tidak pernah lepas dengan yang namanya teknologi dan internet. Generasi Millennial yang dikelilingi oleh perkembangan teknologi dan mudahnya mengakses jaringan internet membuat generasi Millennial sangat melek dengan teknologi dan terlihat lebih aktif dari generas-generasi sebelumnya. Mudanya mengakses informasi membuat generasi Millennial menjadi insan yang lebih produktif dalam memanfaatkan teknologi yang mereka gunakan. Selain itu, mudahnya berinteraksi secara global membuat wawasan generasi Millennial perlahan-lahan terbuka terhadap keberagaman, perbedaan, dan mampu menimbulkan sifat toleran yang cukup tinggi dalam diri mereka.
Akan tetapi, hal tersebut tidak akan berarti jika generasi Millennial tidak memiliki karakter dalam dirinya. Karakter yang memiliki arti sebagai sifat batin yang dimiliki oleh seorang individu yang didalamnya tercermin pola prilaku, budi pekerti, pola pikiran, tabiat, dan sebagainya. Untuk menjadi SDM Unggul tentu Karakter Diri sangat dibutuhkan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang diiringi dengan pendidikan yang lebih tinggi. Ketika karakter yang ada dalam diri setiap generasi Millennial mampu dibangunkan tentu generasi Millennial akan dapat dengan mudah mengembangkan Soft Skill yang mereka miliki. Untuk itu perlu adanya penerapan satuan pendidikan yang berorientasi terhadap pengembangan karakter diri peserta didik. Dengan adanya orientasi sistem pendidikan tersebut diharapkan mampu membangun karakter diri generasi Millennial yang siap pakai sesuai dengan salah satu Misi dari Kadin Indonesia.
Era Revolusi Industri 4.0 ini generasi Millennial harus mampu menjadi diri yang disiplin dalam segala aspek. Sebuah kesuksesan tidak akan pernah didapat jika hanya dihadapi dengan sifat bermalas-malasan. Jika generasi Millennial tidak mampu membangkitkan karakter diri agar senantiasa disiplin tentu akan kesulitan dalam menghadapi tantangan global yang datang silih berganti. Untuk membangunkan karakter diri agar senantiasa disiplin tentu membutuhkan kesabaran yang ektra. Perlu diingat, bahwa segala sesuatu yang ingin digapai tentu membutuhkan proses. Proses tersebut tidak akan berjalan dengan lancar jika tidak dibarengi dengan sifat sabar. Selain itu, generasi Millennial juga harus mampu mengendalikan ego dalam menghadapi arus globalisasi. Perlu diingat bahwa berapa banyak orang-orang yang hancur hanya karena mereka tidak mampu mengendalikan ego yang ada dalam dirinya. Sehingga ego tersebut perlahan-lahan mengahancurkan masa depan yang seharusnya cerah dikemudian hari.
Generasi Millennial harus berbangga dengan kemampuan diri yang dimilikinya. Dengan kemampuan tersebut generasi Millennial akan senantiasa terus berinovasi dalam mengembangkan kreativitas agar mampu melawan arus perkembangan globalisasi. Ketika kemampuan tersebut semakin berkembang generasi Millennial harus mampu menghilangkan sifat sombong dalam dirinya agar mampu melahirkan sifat yang selalu ingin belajar. Ketika rasa ingin terus belajar tumbuh dalam diri generasi Millennial tentu segala bentuk tantangan yang datang pasti dihadapi dengan tenang. Selanjutnya, karakter yang sangat penting dijunjung tinggi oleh setiap generasi Millennial dalam menghadapi tantang global adalah Integritas. Adanya sifat integritas yang tertanam dalam diri setiap generasi Millennial tentu akan menjadi karakter yang kuat dalam wewujudkan SDM yang Unggul dan  siap menjadi dari bagian Indonesia yang Produktif.
#Kadin #Kadin Indonesia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Karakter Diri Kunci Menjadi SDM Unggul dan Produktif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...