Layar Indie Project : Special Premiere Screening 201Filmmaker


201Filmmaker merupakan komunitas film indie medan yang anggotanya merupakan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kreatifitas yang tinggi. 201Filmmaker terbentuk dari sebuah ruangan yang bernomor 201. Ruangan 201 merupakan sebuah ruangan yang tempat belajar mengajar yang berada dilantai 2 Universitas Potensi Utama. Dalam ruangan tersebut terdapat puluhan orang mahasiswa program studi Televisi dan Film Fakultas Seni dan Desain Universitas Potensi Utama Medan. Menurut salah seorang mahasiswa yang tergabung dalam komunitas 201Filmmaker menyatakan bahwa 201Filmmaker diambil dari nomor ruangan itu sendiri. Menurut Umaru Shodiq 201Filmmaker memiliki sebuah arti sebagai berikut: Dua yang berarti banyak, nol yang berarti tanpa batas, dan satu berarti memiliki satu tujuan. Walaupun banyak kegiatan,kesibukan, ego yang tak terduga namun tetap satu tujuan dalam menghasilkan karya. Mungkin dalam setiap orang memandang arti dari angka tersebut dapat berbeda-beda. Akan tetapi, bagi 201Filmmaker angka tersebut sangat berarti.

Sebagai seorang mahasiswa jurusan Televisi dan Film tentu memiliki tujuan agar mampu menguasai teori maupun praktik yang berkaitan dengan proses produksi televisi dan film. Oleh karena itu, mereka sangat antusias agar 201Filmmaker mampu memproduksi film yang berkualitas. Setiap crew yang tergabung dalam 201Filmmaker memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing yang sudah dituangkan dalam struktur organisasi ketika 201Filmmaker dibentuk untuk pertama kali. Walaupun demikian, setiap crew yang tergabung dalam 201Filmmaker memiliki kebebasan dalam mengembangkan bakat yang dimiliki. Bakat tersebut berorientasi pada tujuh mayor produksi sebuah film seperti, produser, sutradara, penulis naskah, penata artistik, sound man, penata gambar, penyunting gambar dan sebagainya. Dalam berkarya 201Filmmaker saling mensupport satu dengan yang lainnya agar memiliki keberanian dalam membuat sebuah karya film.
Salah satu bentuk kesuksesan dari 201Filmmaker terlihat dari kegiatan “Special Premiere Screening 201Filmmaker” yang diadakan pada hari minggu, 15 Desember 2019. Kegiatan tersebut diadakan di J&M Coffe-Tea yang beralamat di Jl. Harmonika No. 111 Pasar 2 Setia Budi Medan. Special Premiere Screening 201Filmmaker diadakan dengan jalinan kerjasama 201Filmmaker dengan komunitas film indie medan yaitu Layar Indie Project. Special Premiere Screening 201Filmmaker merupakan program ke lima yang diadakan oleh Layar Indie Project yang merupakan wadah ekshibisi film indie Medan. Layar Indie Project itu sendiri merupakan wadah ataupun forum apresiasi, diskusi, pemutaran film baik secara indipendent maupun secara konvensional. Film yang di di ekshibisikan melalui Layar Indie Project Tanpa membatasi tema ataupun genre. Layar Indie Project bertujuan agar kegiatan yang mereka lakukan ini dapat menjadi wadah dalam bertukar informasi seputar perfilman khusunya daerah medan. Selain itu, dengan adanya Layar Indie Project diharapkan adanya forum diskusi antar komunitas, penggiat film, kritikus film, khalayak ramai yang terjalin dalam satu forum dan memiliki tujuan yang sama demi kemajuan film indie Medan.
Dalam kegiatan Layar Indie Project 5 Special Premiere Screening 201Filmmaker para penonton sangat antusias untuk menyaksikan karya-karya dari 201Filmmmaker. Dalam kegiatan tersebut hadir para komunitas film indie Medan, eksekutif produser film Ajari Aku Islam, kritikus film, dan sebagainya. Menurut penuturan salah seorang penonton film yang paling dinanti-nantikan kehadirannya oleh penonton adalah film Karin sutradara Umaru Shodiq. Selain film Karin masih ada film-film karya 201Filmmaker yang memiliki kualitas baik dari segi cerita maupun visual. Film tersebut terdiri dari film Dembalan sutradara Zainal, Film Tahayul sutradara Agung, Film Lepas sutradara Umaru Shodiq, film Tamu sutradara Dinda Aina seorang sutadara perempuan yang lahir dari 201Filmmaker. Film-film karya 201Filmmaker yang discreeningkan semuanya berbaur horor. Dari awal sampai akhir Special Premiere Screening 201Filmmaker berjalan dengan lancar tanpa ada halangan walaupun hujan melanda. Selaian menyaksikan Special Premiere Screening 201Filmmaker para penonton juga menyaksikan special performance Icha Mariz seorang maestro Violin kota Medan. Kegiatan Layar Indie Project 5 Special Premiere Screening 201Filmmaker banyak mendapat dukungan dari berbagai pihak baik dari media maupun lainnya seperti; Kiss FM, Net Good People Medan, J&M Coffe-Tea, dan sebagainya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Layar Indie Project : Special Premiere Screening 201Filmmaker"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...