Pengantar Distribusi Sebuah Film


Distribusi Film ...


Distribusi merupakan salah satu aspek yang termasuk didalam sistem pemasaran. Distribusi diartikan sebagai bentuk kegiatan pemasaran yang berusaha untuk mempelancar serta mempermudah di dalam proses penyaluran barang ataupun jasa dari produsen sampai ke tangan para konsumen. Distribusi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia  (KBBI) memiliki arti bahwa distribusi itu merupakan kegiatan penyaluran kepada beberapa orang ke berbagai tempat. Dapat disimpulkan bahwa distribusi merupakan suatu kegiatan yang berfungsi untuk menyalurkan produk yang dapat berupa barang maupun jasa ke berbagai tempat yang sudah ditargetkan agar sampai ke konsumen dan sebagainya. Adapun yang dimaksud dengan distribusi film merupakan sebuah proses dalam membuat film agar tersedia agar film tersebut dapat dilihat dan ditonton oleh penonton. Untuk itu, yang bertugas untuk mendistribusikan sebuah film merupakan tugas seorang distributor film yang handal didalam bidangnya agar bisa sampai ditengah-tengah masyarakat atau penonton.
Misalnya Haikal bertugas sebagai seorang distributor atau distributor film tentu dia akan melakukan dan melaksanakan sebuah tugas dalam mendistribusi segala produk yang dapat berupa barang dan jasa agar sampai ke tangan konsumen dan dapat dinikmati oleh konsumen yang menjadi target sasaran tersebut. Kegiatan distribusi dilakukan atau dikerjakan oleh seorang yang dijuluki dengan nama distributor atau publicist yang memiliki tanggung jawab atas produk yang diedarkan tersebut. Seorang distribusi atau publicist Film, berarti dia memiliki tanggung jawab agar film akan di publis harus sampai di target sasarannya.  Misalnya, informasi tentang film tersebut harus bisa sampai ditengah-tengah konsumen atau pecinta film dan mereka tertarik untuk ikut serta dalam menonton film tersebut. Untuk itu seorang distributor atau publicit harus mampu melihat dan melakukan berbagai cara yang sesuai dengan kaedah-kaedah dsitribusi sebuah film agar film yang akan diproduksi atau sudah diproduksi dan siap ditayangkan sampai informasinya ke khalayak ramai.
Seorang yang bertugas sebagai distributor atau publicist sebuah film harus mampu mencari peluang sebanyak mungkin agar mudah dalam mendapatkan pasaran untuk mendistribusikan sebuah film. Ketika seorang distributor atau publicist sudah mendapatkan target pasaran tentu ada yang dinamakan dengan kesepakatan yang terjadi antara perusahaan produksi dengan seorang distributor atau publicist. Selain itu bisa saja kesepakatan tersebut dilakukan dengan agen dari sebuah perusahaan yang dikenal dengan subdistributor. Maksudnya adalah ketika seorang distributor atau publicist sebuah film sudah mendapatkan target pasaran tentu akan mengadakan sebuah kesepakatan dengan perusahaan yang sudah dijadikan sasaran tersebut. Tujuan adanya kesepakatan tersebut agar persamaan persepsi dapat dilakukan dan prosedur apa saja yang harus dipenuhi dan ditaati oleh kedua belah pihak.
Hal tersebut disebabkan karena seorang distributor ataupun publicist buka hanya sekedar menjadi wadah penghubung antara seorang filmmaker dengan para eksibitor melainkan agar mampu merumuskan maupun menerapkan strategi dalam mempublis sebuah film tersebut. Misalnya strategi dalam mendapatkan iklan, strategi dalam promosi, dan strategi-strategi lainnya. Misalnya seorang distributor ataupun publicist mendapatkan target pasaran sebuah film lalu dipromosikan melalui sebuah media. Tentu mereka akan mengadakan nota kesepakatan agar agar mampu menghasilkan dan menghadirkan media promosi yang sesuai dengan target yang diinginkan. Dengan ada kesesuaian tersebut tentu sangat berdampak terhadap daya jual sebuah film, produksi, casting, dan sebagainya.
Dalam proses kegiatan distribusi sebuah film tentu seseorang yang bertanggung jawab terhadap tugas tersebut harus memastikan mekanisme pasaran berjalan dengan lancar. Untuk memastikan hal tersebut tentu seorang distributor ataupun publicist harus memiliki peran yang tinggi dalam menghandel tugas tersebut. Dalam proses distribusi tentu akan terjadi yang namanya arus penyebaran barang ataupun jasa yang dilakukan disebuah pasaran yang terbuka atau umum.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengantar Distribusi Sebuah Film"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...