PERKEMBANGAN VERSI MICROSOFT OFFICE WORD



Perkembangan Microsoft Word Tahun ke Tahun.
Microsoft Office Word merupakan sebuah perangkat lunak yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft. Microsoft Office Word berfungsi sebagai pengolah kata-kata. Dalam Microsoft Office Word banyak terdapat fasilitas yang mampu menunjang berbagai bentuk keperluan bagi para penggunanya. Fasilitas tersebut mulai dari pengetikan teks, penyusunan naskah ataupun proposal, laporan, karya ilmiah, surat lamaran kerja dan pembuatan diagram atau tabel serta menyisipkan berbagai objek gambar dalam tulisan. Dalam catatan sejarah, Microsof office word pertama kali diproduksi pertama kali sekitar tahun 1983, dimana pada waktu itu namanya bukan Microsoft Office Word melainkan Multi-Tool Word yang digunakan untuk Xenix. Seiring dengan perkembangan waktu, maka muncul versi-versi terbaru lainnya yang digunakan untuk berbagai sistem operasi, Seperti DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIK, OS/2, dan Microsoft Windows (1989) dan setelah menjadi bagian dari Microsoft Office sistem 2003 dan 2007, kemudian diberi nama Microsoft Office Word.
Dalam cacatan  sejarahnya, Microsoft Word adalah produk unggulan dari Microsoft Office. Microsoft Office Word termasuk dalam peringkat kedua perangkat lunak sektor bisnis maupun non bisnis. Sejarah Microsoft Word diawali dengan versi pertamanya yang dikembangkan oleh Charles Symonyi dan Richard Brodie, mereka berdua merupakan seorang mantan Programmer Xerox yang kemudian dikontrak oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1981 dengan nama yang berbeda seperti sekarang. Merk pertama dari produk ini lahir tahun 1983 ketika Microsoft Word diProduksi dengan nama Mutli-Tool Word untuk Xenix ,(salah satu turunan dari UNIX), pada tahun 1983, versi pertama Word untuk sistem operasi disk (DOS) diliris. Dalam versi ini, program ini dibangun dengan filosofi ”apa yang anda lihat adalah apa yang anda dapatkan”. Microsoft menjanjikan kepada pengguna kalau apa yang muncul pada layar akan sama yang muncul di media cetak. Versi baru segera di kembangkan untuk MS_DOS, Apple Macintosch dan sistem operasi yang popular pada masa itu.
Dalam perkembangannya Microsoft Word mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari Microsoft word 1998, Microsoft word 2003, Microsoft word 2007, Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010, Microsoft Word 2013, Microsoft Word 2016, dan Microsoft Word 2019. Adanya perkembangan tersebut Microsoft telah menambahkan database dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar Microsoft word lebih mudah untuk untuk digunakan. Hadirnya Microsoft Word sangat membantu dalam memudahkan pekerjaan manusia dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain.
Kemunculan Versi pertama Microsoft Word yaitu versi 1.0 diliris pada bulan oktober 1983 untuk sistem operasi Xinix dan MS-DOS. Setelah itu terus berlajut dengan versi-versi selanjutnya yang tidak terlalu sukses . Versi pertama Microsoft Word untuk sistem operasi Windows akhirnya diliris pada tahun 1989, versi Windows memiliki tampilan yang jauh lebih baik . Akhirnya Microsoft Word mengalami sukses yang sangat besar pada versi Word for Windows 1.0 tepat pada saat Microsoft meluncurkan Windows 3.0 pada tahun 1990. Kesuksesan ini kemudian diluncurkannya Word versi 2.0 di tahun 1991, dan Word versi 6.0 pada tahun 1993. Sejarah Microsoft Word kemuadian berlanjut dengan meluncurkannya versi selanjutnya dan ditandai dengan perubahan nama menjadi Word 95, Word 97, Word 2000, Word for Office XP. Hal ini dilakukan untuk mangikuti perkembangan nama komersial Windows.Perubahan nama dalam sejarah Microsoft Word kembali terjadi, kali ini Microsoft Word menggunakan nama besar angka tahun, seperti Word 2007, Word 2010, Word 2013, Word 2016, dan versi terbaru Word 2019.
Sejarah Microsoft Word Dekade 1990-an
Pada akhir dekade 80-an, versi gratis pertama dari Microsoft Word diliris untuk Windows 3.0 sekaligus sebagai pembuka babak baru era perngkat lunak pengolahan kata. Waktu itu, harganya cukup mahal sekitar $ 500,Versi ini jauh lebih mudah dioperasikan oleh pengguna. hal ini membuat produk ini bisa menjadi pasar dan mengalahkan pesaing utama mereka yaitu corel Wordperfect. Hal ini juga tidak lepas dari kegagalan corel mirilis corel Wordperfect untuk Windows. Pada tahun 1993, Word 6.0. Diliris untuk Windows dan berhasil memukul pasar. Perusahaan memilih penomoran secara urut dengan Word 6.0 sehingga akan cocok dengan urutan penomoran dari versi DOS asli. Pada tahun 1995 Microsoft menciptakan Office suite yang didalamnya termasuk Word 7.0 kemudian berganti nama menjadi Word 95. Dimulailah tren penamaan perangkat  lunak yang awalnya menggunakan angka untuk penamaan versinya menjadi menggunakan tahun seperti Word 97 dan Word 2000 yang diliris pada tahun 1997 dan 1999. MsWord 97 dan 2000 seolah menjadi bahan bukti kesuksesan Microsoft bisnis perangkat lunak pengolah kata. Pada saat itu ia tidak memili pesaing yang signifikan. Microsoft Word 97 adalah versi pertama dari Word menampilkan Office Assistant yang di beri nama “Clippit”,y ang merupakan bantuan berbentuk animasi yang digunakan dalam sebuah program Office. Konsep ini merupakan pengambilalihan dari konsep peluncuran Microsoft Word sebelumnya. Microsoft Word 98 diproduksi oleh untuk Macintosh yang dihiasi berbagai banyak fitur dari Word 97.
Sejarah Microsoft Word Dekade 2000-an
Sejak awal abad ke-21, aplikasi Microsoft Word telah ditingkatkan dan diliris dalam 4 versi: Word 2002 juga dikenal sebagai Word XP karena label Office XP_Word 2003, Word 2007 dan Word 2010. Dengan diperkenalkannya Word 2007.Program ini menerima facelift besar yang benar-benar mengubah user interface. Beberapa aplikasi canggih juga mulai muncul dengan Word 2007, termasuk extensible Markup Language (XML) kemampuan mengedit tata bahasa dan periksa ejaan dalam bahasa asin. Microsoft 2001 atau Word X diliris pada oktober 2000 dan di paketkan dengan Office Macintosh untuk plat from Macintosh , dan berisi hampir semua fitur yang ada pada Word 2000, Word X versi Macintosh, diliris pada tahun 2001, dan merupakan versi pertama yang tertanam langsung pada Mac OS X.
Microsoft Word 2002 atau Word Xp diliris pada tahun 2001, Word 2002 juga di bundel satu paket dengan Office Xp. Hampir semua fiturnya menyerupai Word 2000 dengan tambahan fitur barunya yaitu ”Taks Panes” yang berfungsi memberikan informasi dan control yang lebih cepat untuk banyak fitur yang sebelumnya hanya tersedia melalui kontak dialog. Microsoft 3002 pada Word versi 2003 ini, semua program Office, juga termasuk Word, dinamai ulang untuk menekankan kesatuannya dengan Office suite, Sehingga Microsoft word resmi kemudian berubah menjadi Microsoft Office word. Microsoft Word 2004, pada bulan Mei tahun 2004 diluncurkan Word versi baru untuk Macintosh, pada versi ini Word melakukan pembersihan secara besar-besaran dari semua aplikasi dari office 2003 versi Windows seperti Word, Exel, Power Point dan lainnya sebagainya. Hal ini kemudian membuat Word sangat nyaman digunakan oleh para penggunya.
Microsoft Office Word 2007 merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata (Word Processor) buatan Microsoft Corparation. Microsoft Word 2007 merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. Microsoft Word tampil lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam penampilan menu-menu tool. Berdasarkan klaim mereka, Ribbon adalah sebuah inovasi kelak dimasa mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu pada Microsoft Word. Microsoft Word 2010 diliris pada tahun 2009, Microsoft Word 2010 hadir dengan berbagai upgrade, seperti efek teks kemampuan kalaborasi dan alat navigasi ditingkatkan. Microsoft Word 2013,Versi ini adalah untuk versi yang terbaru dikeluarkan Microsoft untuk Office pada windows, dengan dukungnan untuk Windows 8, Windows 7, Windows server 2008 R2 pada tanggal 29 januari 2013, setelah munculnya Word 2010 dan 2011, sejarah Microsoft word yang terbaru berlanjut dengan diluncurkannya Word 2013 yang memiliki tampilan dan fitur yang jauh lebih menarik. Setelah itu diluncurkan Microsoft Word 2016 yang juga menawarakn fitur yang lebih menarik dari versi sebelumnya. Dengan perkembangan teknologi Microsft Office Word kembali mengeluarkan versi Microsoft Word 2019 yang lebih canggih dan fitur-fitur yang lebih menarik lagi dari versi sebelumnya dan tentu nya user friendly.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PERKEMBANGAN VERSI MICROSOFT OFFICE WORD"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...