Reporter : Sebuah Tips dan Trik


Jika kita sering menonton program televisi terkhusus program berita yang sering ditayangkan di berbagai stasiun televisi, tentu kita sering melihat seseorang yang melaporkan suatu kejadian dari tempat kejadian. Orang yang bertugas melaporkan berita tentang kejadian tersebut disebut dengan Reporter.
Reporter merupakan salah satu bagian dari jabatan yang terdapat dalam bidang kewartawanan. Reporter bertugas melakukan peliputan terhadap berita yang ada di lapangan (news gathering). Berita yang diliput tersebut akan dilaporkan kepada publik. Berita yang disampaikan kepada publik dapat berupa berita dalam bentuk tulisan yang dimuat di media cetak seperti koran dan sebagainya. Selain itu, berita tersebut juga dapat dimuat di media internet agar mudah diakses oleh publik dalam waktu yang singkat. Berita yang disampaikan oleh seorang Reporter juga disampaikan melalui lisan. Proses penyampaian secara lisan disampaikan melalui media elektronik seperti Radio dan Televisi. Jika berita hasil liputan yang dihasilkan oleh seorang Reporter yang disampaikan melalui media radio atau televisi kebiasaannya harus melalui proses penyuntingan dewan redaktur atau produser berita yang berwewenang.
Seorang Reporter bertujuan dan memiliki fungsi sebagai orang yang bertugas untuk mengungkapkan kronologis berita yang menjadi sumber informasinya, menjelaskan hubungan sebab akibat antara informasi yang satu dengan yang lainnya sehingga informasi yang disampaikan menjadi lebih akurat. Selain itu, seorang Reporter jua bertujuan untuk mengungkap serta menggali lebih dalam permasalahan yang ada dibalik peristiwa yang diliput dan akan disampaikan ke publik. Dalam menggali informasi seorang Reporter harus mampu membuka cakrawala pemahaman yang lebih luas dari khalayak sebagai penonton. Seorang Reporter juga harus mampu mengungkap aspek-aspek yang berkaitan dengan why dan who. Why yang berarti mengapa. Jadi seorang Reporter harus memperjelas mengapa suatu peristiwa yang diliputnya bisa terjadi. Who yang berarti siapa. Yang berarti, siapa-siapa saja yang ada dibalik persitiwa tersebut. Berita yang disampaikan oleh seorang Reporter harus bersifat lugas dan mengandung rumus 5W + H.
Untuk menjadi seorang Reporter harus mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki semangat kerja yang kuat, mampu menguasai topik permasalahan yang akan dijadikan laporan berita. Selain itu, jika seseorang ingin menjadi seorang Reporter yang handal harus banyak membaca buku, artikel, dan sebagainya. Tujuan banyak membaca agar wawasan diri dapat terbuka dengan luas sehingga mampu melahirkan berita-berita yang terupdate. Seseorang yang ingin menjadi Reporter juga harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan mau mencoba hal-hal yang baru. Jika seseorang sudah memutuskan menjadi seorang Reporter seperti menjadi Reporter Televisi jadi harus mampu meningkatkan rasa percaya diri dalam mengekplor hal-hal yang baru dalam proses peliputan berita yang didapat dari lapangan dan para narasumber ke khalayak ramai.
Ketika proses peliputan berita dilapangan seorang Reporter harus menjunjung tinggi kode Etik Jurnalistik atau Kode Etik Wartawan Indonesia (KEWI). Dengan berpegang terhadap kode Etik tersebut diharapkan seorang Reporter memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam menjalankan profesinya sebagai seorang Reporter yang kesehariannya bertugas mencari, menyajikan berbagai jenis informasi yang ada disekitar kita. Seorang Reporter juga harus mampu menerapkan sifat perlakuan adil terhadap pihak-pihak yang menjadi objek dalam peliputan berita. Selain itu, seorang Reporter harus jeli mengecek kebenaran dari sebuah informasi dengan mentelaah ulang data-data yang akan dijadikan informasi berita yang akan diliput. Di era perkembangan teknologi informasi saat ini, seorang Reporter tentu sangat dibutuhkan. Karena sebuah informasi yang jauh dari jangkauan kita tentu akan dapat dinonton, dilihat dari kumpulan berita-berita yang ditayangkan di Televisi, dicetak di Media Cetak yang sudah diolah oleh seorang yang disebut Reporter. Tanpa kita sadari dengan adanya Reporter menjadi media penghubung antara informasi yang satu dengan yang lainnya sehingga sampai ke khalayak ramai seperti saat ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Reporter : Sebuah Tips dan Trik "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...