Review Buku “Mengenal Tulisan Arab Melayu”

a)      Judul
Review Buku “Mengenal Tulisan Arab Melayu” yang ditulis oleh M. Irfan Shofwani, S.HI. Edisi Pertama dengan tebal buku ada 59 Halaman. Diterbitkan oleh Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu dengan hasil kerjasama dengan Adicipta Karya Nusa.
b)     Ringkasan Buku
Buku yang penulis review adalah sebuah buku yang sangat bagus bagi seseorang yang akan mempelajari tulisan arab melayu. Dimana di dalam buku tersebut sangat jelas menguraikan dasar-dasar tulisan arab melayu mulai dari mengenal huruf arab hijaiyah, mengenal huruf arab melayu, pembelajaran menulis kata dasar, penulisan kata berimbuhan, serta membaca dan mengaplikasikan tulisan arab melayu secara cepat. Di dalam buku tersebut juga disebutkan sejarah perkembangan huruf arab menjadi huruf arab melayu. Dimana sebagian besar penduduk di pulau Sumatera adalah berasal dari ras melayu.

c)      Isi
Bab I :
Pada bab I buku tersebut menjelaskan sejarah perkembangan huruf Arab Hijaiyah dan waktu penulisannya. Dimana penulisan Arab sudah dilakukan sejak Nabi Muhammad mendapat wahyu pertama berupa Surat Al-‘Alaq ayat 1-5 di gua Hira’ (17 Ramadhan tahun 13 Sebelum Hijrah. Dimana sebelum wafat Nabi Muhammad memberi petunjuk untuk menuliskan seluruh wahyu yang disampaikan kepada Nabi Muhammad dimana ketika itu ditulis di atas pelepah Kurma. Dan dari petunjuk Nabi Muhammad terdapat 28 huruf Hijaiyah yakni :
Bukan hanya huruf tetapi juga terdapat angka-angka dalam penulisan arab :

      Bab II :
      Pada bab II buku tersebut lebih menjelaskan sejarah perkembangan huruf arab melayu dimana hanya ada sedikit penambahan beberapa huruf. Di pulau jawa huruf arab melayu dikenal dengan huruf Arab Pegon sedangkan di Malaysia dikenal dengan istilah tulisan Jawi. Dan di Nusantara dimulai sejak masuknya penyebaran agama Islam, dimana lebih banyak menggantikan ajaran-ajaran agama sebelumnya ( Animisme, Hindu, dan Buddha) disekitar tahun 1200 M / 1300 M. Di dalam bab ini juga dijelaskan sejarah peralihan dari huruf Arab Melayu ke huruf Rumawi, di perkenalkan oleh Kemal Attaturk yang dikenal sebagai Bapak Turki Modern.
      Huruf Arab Melayu sejatinya hampir seluruhnya sama dengan Huruf Arab hanya saja dalam huruf Arab Melayu ada pelambangan dimana terdapat huruf Vokal Arab Melayu, huruf Konsonan Arab Melayu, dan Diftong Arab Melayu.
      Huruf Vokal Arab Melayu terdiri dari : ا  = a, ي = i, و = u, ي = e, و = o
    Huruf Konsonan Arab Melayu :
·      Kosonan huruf Arab Hijaiyah : ب = b, د = d, ف = f, ه = h, ج= j, ك = k, ل = l, م = m
·      Kosonan huruf Jati Arab Melayu : ڤ = p, ك = g,  چ = c, ب  = ny, ۋ  = v, ڠ= ng
·      Konsonan huruf Arab Hijaiyah yang menjadi bunyi pinjaman tulisan Arab Melayu :
ڽ = tsa, ح = ha, خ= kha, ذ  = dzal, ش  = syin, ص  = shod, ض = dhad, ط   = tha’, ظ  = zha’, ع = ‘ain, غ = ghain
Huruf Diftong Arab Melayu terdiri dari : اي = ai , او = au, وي = oi
Bab III :
Pada Bab III buku tersebut menjelaskan tentang penulisan huruf vokal di dalam kata dan juga dijelaskan bagaimana kaidah ejaan kata dasar contoh sebagai berikut :
Penulisan huruf vokal di dalam kata :
انك = anak, اينڠ = inang, اوبه = ubah, سلت = selat, اومبأ = ombak
Kaidah ejaan kata dasar :
Ejaan dari bahasa arab: satu suku kata حق = hak, dua suku kata ءلم = ilmu
Ejaan dari bahasa asing selain arab  : satu suku kata راس = ras, dua suku kata  راوا = rawa
Dalam bab ini juga dijelaskan istilah Homograf dimana artinya kata yang ejaannya sama dengan kata yang lain, tapi memiliki makna berbeda ڤتي  = peti danي  ڤت = petai


Bab IV :
Pada Bab ini dibahas tentang kata berimbuhan seperti :
·         Awalan : داڤندغ = dipandang, كداو = kedua, سدارت = sedarat,
·         Akhiran : چوبأن = cobaan, توجوان = tujuan, م كنله = makanlah
·         Awalan dan Akhiran : بر س مأن = bersamaan, م ڠاوينكن = mengawinkan
Bab V :
Pada Bab V ini penulis mengajak para pembaca untuk membaca beberapa kalimat yang dituliskan dalam tulisan arab melayu. Sehingga nantinya pembaca dapat melancarkan bacaan terhadap tulisan arab melayu.

 d)   Penutup
Menurut saya sebagai pembaca dan mereview buku tersebut, buku ini sangat baik bagi kita yang baru memulai mengenal tulisan arab melayu. Dan buku ini bisa digunakan sebagai referensi bahan bacaan untuk penelitian bagi yang mendalami sejarah tulisan arab melayu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Review Buku “Mengenal Tulisan Arab Melayu” "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...