Tips dan Manfaat Liburan Sesuai Syariat



Luangkan Waktu Untuk Liburan Bersama Orang-Orang Yang Kita Cintai.

A
pa kabar sahabat infosalapan semuanya. Mudah-mudahan kita dalam keadaan sehat semua dan diberikan kemudahan dalam menjalankan semua aktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini infosalapan ingin berbagi tips dan manfaat seputar liburan. Sebentar lagi kita akan berada dipenghunjung tahun 2019, tentu kita sangat membutuhkan refresing untuk melepas lelah selama beraktifitas ditahun 2019 ini. Liburan tentu sangat bermanfaat bagi kita yang sibuk dengan dunia kerja agar dalam menyambut awal tahun tetap semangat dalam mengisi hari-hari yang penuh makna. Sebelum kita masuk ke topik pembahasan, alangkah baiknya kita mengetahui liburan itu apa sebenarnya. Liburan yang diartikan sebagai suatu masa di mana setiap orang meluangkan sedikit waktu dan membebas diri maupun aktifitas dari pekerjaan dan sebagainya. Liburan biasanya terjadi diakhir pekan, lebaran, akhir tahun, tahun baru, tanggal merah, dan terkandung kondisi yang ada.  Setiap orang yang liburan tentu ingin bersenang-senang, bersantai bersama orang-orang yang dicintai seperti keluarga, istri, anak, dan lainnya. Dalam ajaran dan keyakinan kita tentu sangat menganjurkan agar kita meluangkan waktu sejenak untuk melakukan perjalanan wisata/liburan.
Agar liburan akhir tahun ini membawa manfaat alangkah baiknya sebelum liburan kita niatkan untuk tujuan-tujuan yang mulia. Tujuan tersebut dapat berupa ; bahwa berwisata atau liburan karena ibadah, bermuhasabah, mengambil pelajaran, dan ilmu pengetahuan.  Ketika sudah memutuskan untuk liburan alangkah baiknya kita niatkan sebagai ibadah agar dalam perjalanan dan ketika sampai ketempat tujuan tetap dalam lindungan Allah Subhanu Wa Ta’ala. Dengan demikian kita akan tetap berpikir positif dalam kondisi apapun. Liburan karena ibadah tentu kita akan berusaha bermuhasabah (intropeksi diri, memperbaiki diri baik dari segi ucapan, perbuatan, dan sebagainya). Liburan karena ibadah tentu kita akan banyak mendapatkan pelajaran dan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Karena setiap perjalan liburan yang kita lalui tentu banyak hal yang kita dapati.  Jika  tujuan kita mulia tentu hal tersebut sangat bermanfaat bagi kita.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala Berfirman dalam Suroh Al-Ankabut ayat 20 yang berbunyi seperti berikut :
 


Dari ayat diatas dapat kita ambil suatu pelajaran bahwa pentingnya kita melakukan suatu perjalanan baik itu liburan agar meniatkan karena ibadah agar kita mengetahui rahasia-rahasia dari segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Akan tetapi, jika liburan yang kita lakukan lebih banyak mudharatnya, dan membawa keburukan terhadap diri kita, keluarga kita, dan sebagainya, alangkah baiknya kita tetap menetap dirumah dan mengisi hari-hari libur dengan hal-hal yang bermanfaat dan diridhoi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Jika kita sudah menentukan tempat yang akan menjadi tujuan liburan diakhir tahun ini, alangkah baiknya kita mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan disaat hari H. kira-kira seperti ini bentuk alur persiapannya. Pertama kali kita harus menentukan jadwal liburan yang ingin dilakukan baik itu jadwal keberangkatan dan jadwal pulang. Sesudah itu kita tentukan destinasi wisata mana saja yang akan menjadi target liburan diakhir tahun ini. Langkah berikutnya menentukan barang bawaan, jangan membawa barang-barang yang tidak perlu dan tidak dibutuhkan saat-saat liburan karena barang-barang tersebut hanya membuat koper kita penuh tak menentu. Menentukan jenis transportasi yang ingin digunakan saat menuju atau sudah sampai ke tempat tujuan wisata. Menentukan tempat penginapan, tentu penginapan sangat dibutuhkan saat kita melakukan traveling di destinasi yang sudah kita tentukan sebelumnya. Jadi, alangkah baiknya ditentukan sebelum hari H itu datang. Untuk pemesanan tempat penginapan bisa dilakukan dari sekarang menggunakan berbagai jenis aplikasi yang sudah tersedia begitu juga pemesanan tiket transportasinya.
Selain itu, sediakan obat-obatan. Karena kita tidak tahu kondisi tubuh kita sewaktu-waktu bisa ngedrop. Jadi kita sudah ada persediaan untuk mengantisipasi hal tersebut. Sebelumnya hari H datang selesaikan dulu segala kewajiban yang berkaitan dengan pekerjaan agar ketika liburan tidak menjadi pikiran persiapkan segala jenis dokumen-dokumen penting seperti tiket booking pesawat, dan transportasi lainnya, hotel, dan sebagainya. Jika ingin berliburan ke luar Negeri persiapkan Paspor, tukar uang negara tujuan, dan segala dokumen yang diperlukan. Datang tepat waktu ke stasiun, loket, bandara keberangkatan yang sudah dipilih. Dan yang penting carilah tempat liburan yang sesuai dengan kemampuan kantong kita masing-masing. Jangan paksakan kehendak kita jika kantong kita tidak memadai yang nantinya sangat berimpas dalam diri kita sendiri.
Jika sudah sampai ke Destinasi wisata tujuan, optimalkan waktu dengan sebaik mungkin, jaga barang-barang bawaan, optimalkan sarapan yang disediakan oleh tempat penginapan, selalu kunci kamar tempat penginapan kita. Dan atur keuangan agar tidak kekurangan disaat liburan. Jika sudah selesai liburan dan ingin kembali ke rumah perhatikan barang-barang bawaan agar tidak sampai ketinggalan dan selesaikan segala administrasi agar tidak dijadikan tersangka..hheeeee..hheeee. So pasti sahabat infosalapan tentu sudah mempunyai tips, target, dan tujuan tersendiri dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat liburan.
Sahabat infosalapan semuanya, liburan juga memiliki banyak manfaat loe untuk kesehatan kita diantaranya mampu menjauhkan kita dari stress. Stress bisa saja diakibatkan banyak tugas dan tuntutan dalam dunia kerja atau dalam kehidupan kitas sehari-hari oleh karena agar rasa stress tersebut bisa hilang dan agak reda solusinya bisa dengan melakukan liburan ketempat-tempat yang adem. Menurut hasil penelitian stress yang berlebihan sangat berkontribusi terhadap serangan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Jadi jika tidak mau stress membawa dampak buruk terhadap diri kita rencanakan liburan karena sangat membawa manfaat ya sahabat infosalan. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Framingham Heart Study bahwa seorang pria yang tidak pernah melakukan liburan selama beberapa tahun akan beresiko terhadap serangan jantung dibandingkan dengan orang-orang yang sering berliburan untuk menenangkan pikiran dari hal-hal yang membosankan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa liburan membawa manfaat terhadap kesehatan jantung.
Ahli saraf melakukan sebuah penelitian dan menemukan bahwa liburan dapat meningkatkan kesehatan mental. Karena dengan liburan seseorang pasti akan mendapatkan suasana, perasaan yang tenang dan tidak dihantui oleh beban-beban yang memberatkan dirinya. Liburan juga membawa manfaat terhadap kualitas tidur. Ada sebuah studi yang membuktikan bahwa setalah beberapa hari siap liburan sangat membawa manfaat terhadap kualitas tidur seseorang, meningkatkan suasan hati menjadi tenang. Dengan membaikknya kualitas tidur akan membawa manfaat terhadap diri kita dengan menurutnya risiko kanker dan sebagainya. Liburan juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan mampu meningkatkan produktivitas dalam melakukan sesuatu. Kita tentu sering merasakan kurang konsentrasi dalam melakukan sesuatu dan kinerja menurut yang tanpa kita sadari hal tersebut disebabkan oleh perasaan stress yang menghantui kita. 

Point plus liburan tentu mampu mempererat hubungan kita dengan orang-orang yang kita cintai. Bagi yang sudah berkeluarga tentu momen-momen liburan apalagi sudah akhir tahun tentu sangat dinantikan. Karena dimomen tersebut waktu dihabiskan bersama dengan keluarga yang di isi dengan canda gurau. Kapan lagi waktu kita sisihkan untuk keluarga kalau tidak pada waktu liburan akhir tahun. Karena dengan kesibukan kita bekerja dari pagi sampai sore bahkan ada yang pergi pagi pulang malam sehingga membuat waktu untuk Bersama keluarga sangat berkurang. Untuk itu manfaatkanlah waktu diakhir tahun untuk berliburan bersama-sama orang-orang yang kita cintai. Semoga liburan akhir tahun ini membawa manfaat dalam kehidupan kita dan kita tetap optimis meniti jalannya kehidupan. Jangan pernah berputus asa karena di penghujung jalan nan jauh dipandangan kita pasti ada jalan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips dan Manfaat Liburan Sesuai Syariat"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...