Tips menjadi Pribadi Positif di Tahun 2020


Dalam kesempatan berikut ini infosalapan akan berbagi tips untuk para sahabat semua tentang menjadi pribadi yang positif di tahun 2020. Imfosalapan menyadari tips berikut sangat banyak kekurangannya dar segala segi. Akan tetapi, infosalapan sangat berharap tips berikut ini bisa menjadi masukan untuk kita dalam menjalani hari-hari ditahun 2020. Karena kita tidak mengetahui akhir dari kehidupan kita sampai dimana. Sebelum jatah kita ditarik apa salahnya kita mencoba untuk memperbaiki diri kita mumpung waktu masih berpihak kepada kita. Berikut tips yang dapat diterapkan dalam kehidupan di tahun 2020.

1.     Perbaiki Ucapan
Perlu kita ingat bahwa ada bagian tubuh kita yang diciptakan oleh Allah yang harus dijaga dengan sebaik mungkin. Bagian tubuh tersebut dikenal dengan nama lidah.  Lidah memang tak bertulang. Tapi dengan kondisi tersebut lidah mampu menyebabkan perpecahan dan sebagainya. Lidah jika tidak dikontrol tentu akan mengeluarkan bisa yang mampu melukai perasaan orang lain dan sebagainya. Lidah jika pemiliknya tak mampu mengontrolnya tentu akan menjadi sosok harimau yang ganas yang siap menerkam siapa saja. Untuk itu, kita sebagai ummat yang beragama sudah sepantasnya kita menjaga lidah agar tidak melukai perasan orang lain. Ucapan yang keluar dari perantaraan lidah tak akan mampu ditarik kembali. Ketika ucapan sudah menyakitkan orang lain susah untuk mencari obatnya. Akan tetapi, jika hari-hari ditahun 2019 ini kita sering menguncapkan perkataan yang tak semestinya dan menimbulkan luka terhadap seseorang alangkah baiknya kita memohon maaf kepada yang bersangkutan dan berusaha memperbaiki ucapan kita ditahun 2020. Jika kita mampu menjaga lidah kita tentu akan membawa manfaat bagi kita sampai ke syurga nanti. Jika kita tidak mampu menjaga akan timbul hal yang tidak diinginkan seperti diatas. Agar menjadi insan yang positif dalam menjalani hari-hari ditahun 2020 mari kita gunakan lisan kita untuk membicarakan hal-hal yang semestinya saja. Selanjutnya, kita jaga lisan kita dari membicarakan hal-hal yang tidak bermanfaat seperti berkata jorok, cacian, makian, berlagak sok manis dengan mengalihkan fakta kebenaran, gosip, dan sebagainya.
2.     Perbaiki  Hati dan Fikiran
Untuk hidup bahagia dan tenang tentu banyak hal yang harus diperbaiki dan dibersihkan dalam diri kita. Salah satunya adalah hati dan pikiran kita. Jika kita tidak mampu merawat hati dan pola pikir kita tentu akan membawa mudharat dalam kehidupan kita. Kita menyadari bahwa hati merupakan sebuah anugerah terbesar dari ALLAH SWT untuk kita. Dengan hati kita mampu merasakan suka maupun duka. Bahkan dengan hati kehidupan akan menjadi damai, sentosa, dan tentram. Jika kita mampu membuat hati kita tenang dan menjaga kesuciannya tentu akan membawa pancaran cahaya yang menjadi tuntunan bagi diri kita dan oranh lain. Akan tetapi jika hati kita tak terkendalikan tentu hal diatas akan menjadi bencana bagi diri kita dan orang lain.
Hati yang hanya berbentuk sebongkah daging yang tak mampu kita rawat akan menimbulkan berbagai jenis penyakit dan berkontraksi dengan pikiran kita. Misalnya saja, iri hati, dengki, congkak, sombong, dan sebagainya. Kita mungkin menyadari bahwa hari-hari ditahun 2019 sering kita isi dengan berbagai jenis penyakit hati sehingga membuat pikiran berjalan tidak pada tempatnya. Jika hati sudah tak sehat tentu pikiran akan menjadi jahat. Untuk itu, ditahun 2020 ini mari kita mencoba untuk membersihkan segala penyakit hati yang sudah kita pupuk dengan suburnya ditahun 2019. Sehingga dengan harapan jika penyakit hati tersebut sudah perlahan-lahan kita bersihkan ditahun 2020 pikiran kita akan menjadi lebih jernih.
3.     Perbaiki Tingkah Laku
Tingkah laku yang berarti segala bentuk yang diucapkan, dilakukan, dikerjakan oleh seseorang yang dapat berupa tindakan perbuatan yang dapat diukur, dan dinilai. Perbuatan tersebut dilakukan secara sadar maupun tidak. Dalam pengertian lain, yang disebut dengan tingkah laku merupakan sebuah bentuk manifestasi yang dapat berupa sikap yang memiliki landasan akan sebuah nilai tertentu. Orang yang melakukannya menyesuaikan dengan nilai-nilai yang diyakini olehnya serta berjalan sesuai dengan nilai moral yang dia pelajari dan diajarkan kepada diri seseorang.
Tingkah laku juga senantiasa menjadi tolak ukur terhadap seseorang yang bertujuan untuk mencerminkan baik maupun buruk. Kita menyadari bahwa tingkah laku ada yang berbau positif bahkan ada yang berbau negatif. Akan tetapi, kita sebagai makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi dengan yang lainya tentu kita sering bertingkah laku diluar batas sehingga tingkah laku negatif menjadi lebih dominan. Kelewatan batas tersebut bias terlihat dari cara kita berbicara, mengerjakan, mengambil tindakan, dan sebagainya. Tanpa kita sadari yang kita lakukan tersebut membuat seseorang menjadi tersinggung bahkan marah terhadap tingkah laku yang kita lakukan. Misalnya saja, Ego yang ada dalam diri kita sering terlupakan agar dikendalikan dengan semestinya. Sehingga ego tersebut membuat percikan api yang tak terbendung untuk menghakimi orang lain. Mengambil tindakan sesuka hati tanpa memikirkan dampak dibelakang hari. Untuk itu, ditahun 2020 ini sebaiknya kita mencoba secara berkala untuk membangkitkan kembali tingkah laku positif kita dan perlahan-lahan meninggalkan tingkah laku negatif agar bisa menjadi insan yang berkepribadian sesuai dengan aturan nilai dan norma.
4.     Perbaiki Etika.
Kita tentu sering mendengar kata etika. Akan tetapi, apa sebenarnya etika tersebut. Etika yang berasal dari bahasa Yunani “Ethos” yang memiliki arti watak ataupun adat kebiasaan. Dalam bahasa sansakerta bahwa etika merupakan sebuah prinsip maupun aturan hidup agar menjadi lebih baik dan menjadi landasan dasar dalam kehidupan. Selain itu, dalam bahasa arab etika disebut dengan akhlak. Akhlak yang memiliki arti moral. Dengan demikian etika dapat diartikan sebagai sebuah bentuk yang mencerminkan dan menjadi landasan, prinsip dan menjadi adat kebiasaan terhadap diri seseorang dalam berprilaku yang mencerminkan nilai baik serta dapat diukur dan ditentukan dengan akal sehat.
Mungkin saja disepanjang tahun 2019 kita sering beretika tidak sesuai dengan adat kebiasaan yang ada ditengah-tengah masyarakat kita yang menjunjung tinggi akan arti sebuah etika. Sehingga hal tersebut menyebabkan adat kebiasaan tersebut hilang ditelan masa bahkan kita dicap dengan sebutan orang yang tidak memiliki etika/attitut. Bahkan terkadang tanpa kita sadari begitu banyak etika yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari kita lupakan begitu saja hanya sebuah budaya baru yang masuk melalui arus perkembangan teknologi informasi dan sosial media. Kita dengan mudah mengadopsi budaya tersebut sehingga kita lupa beretika sesuai dengan keyakinan yang sudah ditanamkan oleh pendahulu kita.
Terkadang kita marah ketika ada seseorang mengatakan kita tidak memiliki etika. Dan kita tidak menyelidiki kenapa kata tersebut harus muncul bahkan dengan egonya kita mencaci maki terhadap orang tersebut. Coba kita buka kembali isi hati kecil kita tentu dia akan mengatakan kalau etika yang sebenarnya sudah ditanamkan dan diajarkan oleh kedua orang tua kita sejak kecil terhadap diri kita. Akan tetapi, kita sebagai insan yang sangat mudah terbawa arus membuat kita melupakan cara beretika dengan semestinya. Misalnya kita memiliki pendidikan yang lebih tinggi membuat kita menjadi sosok yang sombong dan beretika hanya sesuai logika. Sehingga kita sering salah dalam penempatan ketika bersosialisasi. Untuk itu, sudah semestinya ditahun 2020 kita gali kembali etika yang diajarkan oleh kedua orang tua kita, pendahulu kita agar tidak menyalahi adat kebudayaan yang mengalir dalam darah daging kita. Mengalah demi mempertahankan sebuah ajaran etika moral tak berarti kita lemah. Tuntutan masa semakin keras jika kita juga terbawa dalam arus tersebut tentu etika yang menjadi adat kebiasaan akan ikut ditelat arus perkembangan masa.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips menjadi Pribadi Positif di Tahun 2020"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...