Cara Membuat Animasi Bumi Berputar Menggunakan 3DS MAX 2009

1.     Pada Objek Geometry pilih Sphere dan letakkan di perspective dan berikan dengan nama Bumi.
a.      Radius : 35
b.     Segments : 100
Seperti terlihat digambar di bawah ini :
1.     Copy kan objek dengan menekan SHIFT dan aktifkan Select and Move dan tarikkan objek ke samping  sehingga muncul seperti gambar dibawah ini dan berikan dengan nama Bulan dan OK

Lalu kecilkan Radius nya sesuai keinginan.

1.     Berikan Tekstur pada Bumi dengan Menekan huruf M pada keyboard sehingga muncul seperti gambar dibawah ini.

Lalu klik salah satu bola dikotak default pilih NONE disamping disfusse seperti gambar dibawah ini :

Lalu klik NONE tersebut sehingga muncul seperti gambar dibawah ini :

Dan pilih bitmap sehingga muncul gambar dibawah ini :

Lalu pilih lokasi material dengan menekan tanda panah kebawah dikotak LOOK IN, seperti gambar dibawah ini.

Dan KLIK Open dan kilik ASSIGN MATERIAL to SELECTION seperti gambar dibawah ini.

Klik SHOW STANDAR MAP VIEW PORT untuk melihat hasilnya dan Lakukan langkah yang sama untuk memberi material pada BULAN, sehingga tampak seperti gambar dibawah ini:
 
1.     Lalu berikan pencahayaan dengan memilih objek OMNI pada LIGHTS dan pilih standar seperti gambar dibawah ini.

1.     Aktifkan View TOP dan atur peleteakan pencahayaan OMNI seperti terlihat digambar dibawah ini

1.     Langkah selanjutnya memberi animasi pada BUMI dan BULAN, atur  jumlah FRAME menjadi 200 dengan mengklik TIME CONFIGURATION seperti gambar dibawah ini.

dan berikan END TIME 200  dan klik OKseperti gambar di bawah ini

1.     Seleksi objek bumi dan gunakan SELECT AND ROTATE seperti gambar dibawah ini


Lalu geser TIME FRAME nya ke 200 dan geser sedikit objek bumi dan nyalakan AUTO KEY nya dan atur objek bumi sesudah itu matikan Auto Key nya


1.     Lalu berikan animasi objek bulan. Aktifkan objek BULAN dan Pilih Hierarchy dan pilih AFFECT OBJEK ONLY seperti terlihat pada gambar dibawah ini

Lalu pilih ALIGN dan klik objek bumi sehingga muncul seperti gambar dibawah ini

Cekliskan X Position, Y Position, Z Position, Pivot Only pada Current Objek dan Pada Target Objek lalu Klik Apply atau OK dan matikan Affect Pivot  Only. Jika Kita aktikan objek Bulan maka Pibornya sudah pindah ke bumi dan jika Bumi kita putar maka objek bulan akan mengikut seperti gambar dibawah ini

1.     Lalu aktikan Time Frame nya kembali di 200, letakkan frame ke 0 dan di frame 200 kita putar sedikit seperti gambar di bawah ini

1.     Matikan Time Frame nya dan Klik Play untuk melihat hasilnya maka Objek Bumi dan Bulan akan berputar seperti gambar di bawah ini

1.     Finish

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Membuat Animasi Bumi Berputar Menggunakan 3DS MAX 2009"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...