Review Game StockLab - Pengenalan Pasar Modal Menjadi Menyenangkan


Sebelum kita masuk ke review game StockLab, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan pasar modal. Bagi sebagian orang tentu kata pasar modal terdengar sangat asing. Untuk menghilangkan kata asing tersebut berikut Infosalapan.com uraikan apa sebenarnya pasar modal itu menurut ahlinya. Pasar modal menurut Suad Husnan (2009: 3) adalah pasar yang menyajikan berbagai jenis instrument menyangkut keungan  atau sekuritas yang mencerminkan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. Proses jual beli dapat dilakukan dalam bentuk hutang maupun modal sendiri. Pasar modal memiliki pera sebagai penunjang pelaksana pembangunan yang bersifat nasional yang bertujuan untuk meningkatkan pemerataan, pertumbuhan, dan stabilitas ekonomi nasional ke arah peningkatan kesejahteraan bagi rakyat (Ari Sudrajat, 2015: 13).
Pasar modal sangat erat kaitannya dengan pasar saham, reksadana, maupun investasi. Akan tetapi, tentu tidak semua orang paham akan hal tersebut. Oleh karena itu, melalu game StockLab pengenalan akan hal tersebut akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. StockLab merupakan sebuah permainan kartu yang di dalam kartu tersebut terdapat istilah-istilah yang berkaitan dengan pasar modal. Media kartu yang digunakan mirip seperti Remi, Domino, dan sejenisnya. Game StockLab pertama kali dikenalkan oleh seorang creator sekaligus praktisi pasal modal bernama Ryan Filbert dan didesain oleh Nata Chen. Dengan board game StockLab akan melakukan simulasi tentang pasar modal yang sangat erat kaitannya dengan saham reksadana.

StockLab dapat dimainkan oleh 2-5 orang pemain. Tentunya yang sudah berusia dewasa ya Guys. Durasi permainan berlangsung selama 20-45 menit. Dalam permainan StockLab, para pemain yang terlibat intinya berlomba-lomba dalam membangun sebuah asset dengan cara melakukan investasi di beberapa sektor saham maupun di reksadana. Dalam permainan StockLab para pemain sangat dituntut melakukan berbagai aksi yang ekstra optimal agar bisa menjadi seorang investor yang sukses. Aturan permainan adalah pemain yang memiliki aset terbanyak yang menjadi pemenang.
Dalam permainan StockLab terdapat mekanik bidding, drafting, dan stock holding. Dalam mekanik tersebut terdapat komponen-komponen pendukung seperti berikut : 4 buah kartu saham dan 4 token harga, 1 kartu reksadana, 36 kartu ekonomi, 60 kartu aksi, 10 token split, 59 koin, 5 kartu utang, 5 kartu petunjuk, dan 5 kartu urutan.
Cara melakukan permainan StockLab dilakukan dengan cara persiapan terlebih dahulu, lalu kocok serta susun 4 kartu saham secara berjejer dari arah kiri ke kanan. Sesudah itu, letakkan 4 token saham diangka 5 (harga awal) yang ada disetiap sektor penanda harga. Untuk kartu reksadana diletakkan di tengah-tengah saham. Sesudah itu, kocok tumpukan kartu ekonomi dan letakkan 6 kartu dalam kondisi tertutup diatas kartu saham. Setelah semua dilakukan, para pemain berhak mendapatkan 15 koin sebagai modal awal. Modal awal tersebut diletakkan dibelakang layar pembatas. Setelah semua proses dilakukan tahap terakhir adalah mengkocok semua tumpukan kartu aksi dan diletakkan secara tertutup.
Dalam permainan StockLab terdapat empat fase yang haru dilalui yang terdiri dari Fase Bidding, Fase Aksi, Fase Jual, dam Fase Ekonomi. Fase Bidding, merupakan aksi yang dilakukan sebanyak dua kali jumlah pemain. Pemain melakukan pelelangan urutan jaln, setiap pemain harus mengisi kepalan tangan dengan sejumlah koin secara rahasia. Jumlah koin yang dikepalkan minimal 1 koin. Setelah itu, bandingkan jumlah koin dan lakukan proses pembagian karti urutan mulai dari pemian dengan jumlah koin terbanyak. Fase aksi, merupakan tindakan yang dilakukan oleh setiap pemain dengan cara mengambil 1 kartu secara bergantian. Prose pengambilan kartu dimulai dari urutan pertama (1) sampai semua kartu habis diambil oleh pemain. Kartu yang diambil berfungsu untuk menyimpan saham atau juga bisa langsung menggunakan kartu tersebut sesuai dengan fungsinya.
Selanjutnya, Fase Jual,  merupakan langkah yang dilakukan oleh pemain dengan menjual satu jenis saham sesuai dengan keinginan. Harga saham tergantung dengan harga yang sudah tertera pada kartu. Fase ekonomi, merupakan langkah membuka Kartu Ekonomi teratas dari setiap sektor. Setelah itu, menjalankan efek tiap kartu, kemudian melakukan pembuangan semua kartu Ekonomi yang sudah diaktifkan sebelumnya. Permainan StockLab dinyatakan selesai pada saat kartu ekonomi yang tersisa terakhir dibuka dan menjalankan efeknya. Setelah itu, seluruh sisa saham yang dimiliki oleh pemain bisa langsung dijual. Pemenangnya adalah pemain dengan jumlah uang terbanyak dari seluruh pemain StockLab.
Permaian StockLab yang dimainkan secara offline tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan StockLab adalah adanya persaingan antar pemain, permainan lebih menyenangkan dan mengasingkan karena terlihat emosi dan kepercayaan diri setiap pemain, terlihat sangat sederhana namun sangat menarik untuk mengenal pasar modal, ilustrasi desain pada kartu mudah diimplementasikan dan dipahami. Sedangkan kekurangannya adalah belum terdapat kejelasan dalam rulebook tentang kartu saham yang disimpan oleh pemain terbuka atau tertutup. Kartu hutang selama sesi permainan tidak dipakai oleh para pemain. Kartu hutang akan dipakai ketika ada situasi yang memungkinkan. Kartu hutang dipakai ketika ada pemain melakukan proses bidding dalam jumlah koin yang lebih tinggi. Selain itu, kartu hutang dapat diambil dengan melakukan pembayaran dengan sistem trading fee ketika ada pemain yang kekurangan koin. Kartu ekonomi penentu baik maupun turunnya harga. Harga naik dan turun secara random. Dalam permainan StockLab terdapat cara migrasi untuk meraih keuntungan melalui efek yang terdapat pada setiap kartu aksi. Permaian hanya masih bisa dilakukan secara Offline.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Review Game StockLab - Pengenalan Pasar Modal Menjadi Menyenangkan"

  1. Infonya sangat bermanfaat, pengetahuan saya bertambah 😊

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...