4 Ajang Festival Film Pendek Nasional tahun 2020


1.     Duta Muda Cleo Movie Maker 2020
Duta Muda Cleo merupakan sebuah wadah yang menampung kreatifitas anak muda Indonesia. Pada tahun 2020 ini, Duta Muda Cleo mengajak para anak muda untuk berkreasi melalui “Short Movie Competition”. Adapun tema yang diusung adalah “#ForHealthierFuture”.
Short Movie Competition ini diadakan dalam rangka melanjutkan tongkat kesuksesan Duta Muda Cleo yang diadakan pada tahun 2019 yang lalu. Event ini merupakan event terbesar di Indonesia yang menampung kreatifitas anak muda Indonesia.
Film pendek yang diikutsertakan dalam ajang ini berdurasi 3-5 menit dengan tema diatas. Setiap peserta bebas untuk mengekpresikan tema yang sudah ditentukan dengan genre apapun. Setiap peserta memiliki kesempatan untuk meraih hadiah dengan total 150 juta rupiah.
Untuk kategori pemenang terdiri dari: Best Actor dan Actress, Best Director, Best Movie, Best Cinematography, Best Script, Best Trailer, dan Best Poster.
Duta Muda Cleoa 2020 menetapkan batas akhir pengumpulan karya film pendek pada tanggal 20 Juni 2020 dengan syarat dan ketentuan berlaku.
           Aspek penilaian terdiri dari lima poin :
·        Gagasan umum
·        Proses artistik
·        Kualitas teknik
·        Konteks sosial masyarakat
·        Sesuai dengan tema #forHealthierFuture.
Untuk informasi lebih lanjut bisa diakses melalui  website www.dutamudacleo.com
2.     Tebas Award 2020
Koma (Komunitas Multimedia Amikom) Yogyakarta mengadakan event dengan TEBAS (The Best Annual Multimedia Show). KOMA merupakan sebuah organisasi mahasiswa yang bergerak dalam bidang kreatifitas multimedia. Dalam event TEBAS 2020  ini KOMA mengajak para kreatof-kreator muda Indonesia untuk mengikuti perlombaan tahunan tingkat Nasional dan bergengsi.
Dalam event TEBAS 2020 ini ada empat kompetisi yang bisa diikuti. Untuk bidang film ada dua kategori yang terdiri dari fiksi dan dokumenter. Untuk Indie Movie Competition Fiction dan Indie Movie Competition Documentary dengan tema “Bebas” dan dibagi ke dalam kategori “Pelajar dan Umum”.
Untuk mengikuti kompetisi ini tidak dipungut biaya apapun. Tanggal pendaftaran dan pengumpulan karya dimulai dari tanggal 1 Januari 2020 sampai dengan tanggal 20 April 2020 dengan durasi 20 menit termasuk credit title. Untuk lebih lanjut kunjungi website TEBAS AWARD berikut ini http://tebasaward.com/
3.     Bojonegoro East Java Festival 2020
Bojonegoro East Java Festival merupakan program yang dibuat untuk menjaring para creator-creator muda sekaligus untuk membangkitkan industri film Indonesia khususnya daerah Bojonegoro.
Dalam ajang festival ini Bojonegoro East Java Festival mengangkatkan tema “Potensi Lokal Desaku” yang divisualisasikan dalam bentuk film pendek.
Film pendek yang dapat diikutsertakan adalah film pendek fiksi maupun dokumenter. Ajang kompetisi ini terbuka untuk umum. Pengiriman karya dimulai dari tanggal 1 April 2020 sampai tanggal 21 Agustus 2020 dengan durasi film 15 menit.
Aspek penilaian dilihat dari kekuatan dan kesesuaian tema dan pesan yang disampaikan melalui film yang dihasilkan. Penilaian juga dilihat dari aspek estetika, script, sinematografi, penyuntingan, penyutradaraan, dan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut klik link berikut https://www.bejaff.com/
4.     Borneo Film Festival 2020
Borneo film Festival merupakan sebuah gagasan maupun bentuk apresiasi masyarakat akan dunia perfilman yang berdomisili di Kalimantan demi kemajuan perfilman yang dikemas dengan sebaik mungkin dalam bentuk event bertarap Nasional.
Borneo film festival 2020 ini mengangkat tema film yang akan dikompetisikan dengan tema “ Merajut Kerukunan Dalam Keberagaman Budaya”.  Untuk pendaftaran film dibuka sampai tanggal 15 Mei 2020 dengan kategori Film Fiksi Pendek Pelajar, Film Fiksi Pendek Umum, Film Dokumenter Pendek Pelajar, dan Film Dokumenter Pendek Umum.
Untuk kategori film fiksi dibagi dua kategori yang terdiri dari film pendek fiksi dengan tema “ Merajut Kerukunan Dalam Keberagaman Budaya”, film Pendek Fiksi dengan teman “Bebas”. Untuk film Dokumenter “Bebas”.
Untuk durasi film pendek semua kateogori dengan durasi 10-15 menit termasuk credit title. Biaya pendaftaran gratis dan berkesempatan meraih hadiah total ratusan juta rupiah. Untuk informasi lebih lanjut dapat diakses melalui website berikut ini https://borneo-filmfestival.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Ajang Festival Film Pendek Nasional tahun 2020"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...