Create,Read,Update, dan Delete menggunakan Visual Studio 2010


Form barang dengan desain seperti gambar bawah ini. Untuk tool yang digunakan sudah dijelaskan di materi sebelumnya.

Jika sudah silahkan klik Icon View Code yang berada di menu Solution Explorer. Untuk lebih jelas perhatikan icon yang berada di bulatan merah seperti pada gambar dibawah ini.

Jika sudah diklik akan muncul seperti tampilan pada gambar dibawah ini.

Langkah selanjutnya kita harus membuat kode listing programnya agar bisa CRUD yang kita buat nanti bisa berfungsi dengan baik. Deklarasi nya kita awali dengan menambah Import System di bagian atas Public Class form. Sesudah itu kita deklarasikan simpan, edit, hapus sampai seterusnya. Untuk lebih jelas struktur kode listing programnya seperti terdapat pada gambar dibawah ini.

Sesudah itu double klik Datagridview. Ketika sudah terbuka lembar menambahkan kode listing programnya. Ubah kata DataGridView1_CellContentClick menjadi DataGridView1_CellMouseClick. Untuk merubahnya dapat dilakukan dengan cara memblok tulisan DataGridView1_CellContentClick lalu pilih menu tanda petir samping kanan atas seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah pada gambar dibawah ini. Sesudah itu caru bacaan CellMouseClick dan silahkan select. Ketika deselect akan tebentuk Private Sub DataGridView1_CellMouseClick dilembar kerja.

Sesudah itu isikan dengan kode listing program berikut ini.

Jika sudah dilakukan pengisian kode diatas langkah selanjutnya double klik form_barang sehinga muncul seperi gambar dibawa ini da nisi kode listing programnya sesuai dengan gambar dibawah ini.

Selanjutnya double klik button simpan agar buttonnya aktif dan dapat berfungsi ketika ingin menyimpan data ketika data sudah diinputkan di  textbox. Adapun kode listing programnya seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Selanjutnya double klik button ubah. Lalu isikan kode listing programnya sesuai dengan terlihat pada gambar dibawah ini. Button ubah berfungsi untuk mengubah data ketika yang terinput di database perlu diubah atau mengalami kesalahan.

Selanjutnya double klik button hapus.  Button tersebut berfungsi untuk menghapus data yang sudah tersimpan jika data tersebut tidak diperlukan. Berikut kode listing programnya.

Untuk button kembali silahkan isi dengan Me.Close().
Jika semua langkah sudah dilakukan coba jalankan programnya. Dan coba isikan data-datanya. Jika berhasil akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Create,Read,Update, dan Delete menggunakan Visual Studio 2010"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...