Gordang Sambilan Junior Maga Dolok Ikut Serta Memeriahkan HUT Madina ke 21


Infosalapan.com – dalam rangka memperingati hari jadi atau hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Mandailing Natal ke 21 tahun 2020, jajaran pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal menggelar berbagai kegiatan acara untuk memeriahkan HUT Mandailing Natal ke 21. Adapun tema yang diusungkan adalah “Bersatu membangun Madina, kita wujudkan kemandirian daerah dengan pembangunan berkelanjutan demi kesejahteraan dan keunggulan masyarakat mandailing Natal". Perayaan HUT Madina ke 21 diawali dengan pembukaan pameran pembangunan yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 08 Maret 2020 yang bertepatkan di Taman Raja Batu Mandailing Natal.
Selain itu, untuk memeriahkan HUT Mandailing Natal ke 21 ini, PEMKAB MADINA mengelarkan pemetasan seni dan budaya khas Mandailing Natal. Salah satu bentuk kesenian yang akan dipentaskan adalah kesenian Gordang Sambilan.  Gordang Sambilan merupakan sebuah kesenian tradisional etnis Mandailing. Dinamakan dengan Gordang Sambilan karena terdiri dari Sembilan gendang atau bedug. Kesembilan gendang tersebut memiliki panjang dan diameter yang berbeda sehingga mampu menghasilkan intonasi nada yang berbeda.
Gordang Sambilan yang ikut serta memeriahkan HUT Madina ke 21 ini bukan hanya berasal dari kalangan dewasa, akan tetapi juga berasal dari kalangan anak-anak (junior). Hal tersebut terlihat dari antusias anak-anak Desa Maga Dolok Kecamatan Lembah Sorik Marapi yang berlatih memainkan Gordang Sambilan. Antusias mereka berlatih memainkan kesenian Gordang Sambilan patut diapresiasi karena anak-anak merupakan generasi pewaris dimasa depan.
Berdasarkan hasil survei infosalapan, anak-anak Desa Maga Dolok berlatih Gordang Sambilan dilakukan dua kali dalam seminggu. Dalam proses latihan anak-anak yang ikut serta diawasi dan diajarkan oleh beberapa orang dewasa yang sudah mumpuni memainkan Gordang Sambilan agar anak-anak yang memainkan Gordang Sambilan tidak asal-asalan atau asal bunyi. Jika dicermati perkembangan masa saat ini sudah semestinya kesenian warisan budaya leluhur diajarkan ataupun diwarisi kepada anak-anak agar mereka mengetahui, mengerti, dan bisa memainkan kesenian Gordang Sambilan dimasa-masa mendatang dan melestarikannya agar tidak hilang dimakan masa.
Keikutsertaan team Gordang Sambilan Junior Maga Dolok tentu sangat diharapkan mampu menyuguhkan penampilan terbaik diajang HUT Mandailing Natal ke 21 tahun 2020 ini. Keikutsertaan team Gordang Sambilan Desa Maga Dolok dalam HUT Mandailing Natal ke 21 ini merupakan sebuah kebanggan bagi segenap jajaran masyarakat Desa Maga Dolok.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gordang Sambilan Junior Maga Dolok Ikut Serta Memeriahkan HUT Madina ke 21"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...