Muhammadiyah Tetapkan 24 April 2020 Awal Jatuhnya 1 Ramadhan 1441 Hijriah


Infosalapan.Com – Melalui sebuah Maklumat dengan nomor 01/MLM/I.0/E/2020 Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah 1441 Hijriah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal oleh Majelis Tarjih dan Tajdid menyatakan bahwa awal puasa Ramadhan jatuh pada tanggal 24 April 2020 yang bertepatan pada hari Jumat yang penuh barokah.
Dalam Penetapan dan penentuan awal Puasa Ramadhan, Muhammadiyah menggunakan metode Hisab. Metode Hisab merupakan proses perhitungan Gerakan posisi hilal di akhir bulan agar dapat menentukan awal bulan. Berbeda halnya dengan metode Rukyatul Hilal. Metode Rukyatul Hilal merupakan metode dengan cara melihat bulan baru atau bulan sabit.
Muhammadiyah menggunakan metode Hisab disebabkan karena dengan Metode Hisab tidak harus melihat hilal dengan mata kepala telanjang. Akan tetapi, menggunakan ilmu pengetahuan. Dengan menggunakan Metode Hisab, posisi hilal diprediksi ada walaupun tidak terlihat wujudnya. Metode Hisab menggunakan proses perhitungan ilmu falak/astronomi yang berfungsi untuk menentukan bulan baru atau bulan sabit. Sehingga dengan demikian, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode Hisab posisi hilal dapat diperkirakan secara presisi, tanpa harus melihat bulan baru yang berfungsi sebagai penanda datangnya awal bulan.
Untuk Ijtimak jelang Ramadhan tentu akan jatuh pada hari kamis 23 April 2020 yang bertepatan pada pukul 09.29.01 WIB. Oleh karena itu, Muhammadiyah akan melaksanakan shalat tarawih pada tanggal 23 April 2020 malam dan berpuasa pada siang hari 24 April 2020. Selain itu, dalam Maklumat yang sudah beredar di media social juga tercantum bahwa Ijtimak jelang Syawal 1441 H akan jatuh pada hari Sabtu 2 Mei 2010 yang bertepatan dengan pukul 00:41:57 Wib. Sehingga dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa 1 Syawal (Idul Fitri) akan jatuh pada tanggal 24 Mei 2020 yang juga bertepatan dengan hari Jumat.
Selain pemberitahuan tentang awal Ramadhan dan Syawal. Dalam Maklumat Muhammadiyah juga tercantum bahwa 1 Zulhijjah 1441 Hijriah akan jatuh pada tanggal 22 Juli 2020 Masehi. Hari Arafah atau 9 Zulhijjah akan jatuh pada hari Kamis tanggal 30 Juli 2020 Masehi. Perayaan hari raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1441 Hijjriah akan jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 yang bertepatan dengan hari Jumat.
Diakhir Maklumat tercantum bahwa Maklumat disampaikan agar dapat dilaksanakan dan menjadi panduan bagi seluruh warga Muhammadiyah.
Untuk itu, bagi seluruh Ummat Islam diseluruh penjuru dunia yang akan melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan tentu harus melafalkan niat (bagi yang menyakini). Berikut lafaz niat Puasa Ramadhan dan Buka Puasa Ramadhan. Berikut Lafaz niat menjalankan puasa Ramadhan dan Doa berbuka puasa Ramadhan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Muhammadiyah Tetapkan 24 April 2020 Awal Jatuhnya 1 Ramadhan 1441 Hijriah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...